Ini Politeknik yang Seleksinya Ketat dalam SNMPTN 2021

Rosmha Widiyani - detikEdu
Senin, 22 Mar 2021 16:20 WIB
Pengumuman SNMPTN 2021
Foto: LTMPT/Pengumuman SNMPTN 2021.
Jakarta - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2021 tak hanya melibatkan perguruan tinggi tetapi juga politeknik. Dalam data LTMPT, terdapat politeknik yang proses seleksinya terbilang ketat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Eksektutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto. Menurutnya, tahun ini menjadi kali pertama politeknik diikutsertakan dalam SNMPTN 2021.

Bahkan, dalam pelaksanannya yang pertama ini diketahui bahwa sudah banyak calon mahasiswa yang mendaftar di politeknik. Hanya saja, jumlahnya tak sebanyak di perguruan tinggi.

"Terkait politeknik, yang pertama bahwa politeknik mengikuti, bergabung dengan LTMPT. Sosialisasi yang dilakukan sudah bagus dan maksimal dan kalau kita lihat jumlah pendaftarnya belum seperti perguruan tinggi yang lain, harus ditingkatkan sosialisasinya," jelas dia dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil SNMPTN 2021, Senin (22/3/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan SNMPTN 2021 keterisian daya tampung keseluruhan mencakup perguruan tinggi dan politeknik telah mencapai angka 97%. Sisanya, 3% program studi yang belum terisi program studinya.

"Kalau kita lihat dari daya tampung atau keterisian dari daya tampung itu sudah 97% sekian, itu artinya sudah hampir semua prodi yang ditawarkan termasuk dalam politeknik sudah terisi. 3% yang belum terisi itu menyebar di perguruan tinggi, politeknik," ungkapnya.

Adapun, terdapat dua politeknik dengan proses seleksi yang ketat dalam SNMPTN 2021, yakni pada program studi Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) Politeknik Negeri Bandung dan D4 Seni Kuliner di Universitas Negeri Jakarta.

"Kemudian yang mendukung lagi, seperti yang sudah disampaikan Pak Ketua ada dua politeknik atau vokasi yang masuk keketatan tinggi, masuk ke dalam 20 terbanyak, itu TIK Politeknik Bandung, saya kira itu sudah banyak dikenal masyarakat sehingga banyak yang menginginkan melanjutkan studi di sana," papar Budi.

"Kemudian, seni kuliner yang ada di vokasional sarjana terapan atau D4 Universitas Negeri Jakarta," tutup dia.

detikers, tertarik masuk politeknik di SNMPTN selanjutnya?

Simak Video "Pendidikan Pra Sekolah Untuk Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia