Kemendikbud Segera Bahas Pelaksanaan UTBK di Masa Pandemi Corona

Danu Damarjati - detikEdu
Jumat, 19 Jun 2020 10:51 WIB
Suasana SBMPTN di UI Depok.
Foto ilustrasi pelaksanaan SBMPTN sebelum pandemi COVID-19: Suasana SBMPTN di UI Depok. (Nur Azizah-detikcom)
Jakarta - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bakal digelar pada Juli nanti. Namun, penularan virus Corona masih terjadi hingga kini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera menentukan pelaksanaan UTBK di masa pandemi ini.

"Akan dirapatkan oleh Majelis Rektor dan Kemdikbud. Kami LTMPT akan melaksanakan kebijakan dari Majelis dan Kemendikbud," kata Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto, kepada detikcom, Jumat (19/6/2020).

Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 telah ditandatangani pada 6 April 2020. Surat itu menetapkan pelaksanaan UTBK digelar pada 5 hingga 12 Juli 2020. Untuk mengantisipasi penularan COVID-19, protokol kesehatan perlu diterapkan dalam pelaksanaan UTBK nanti.

"Kita akan melaksanakan UTBK dengan protokol COVID-19, baik panitia, peserta, dan pendukung. Setiap pusat UTBK yang akan melaksanakan harus mendapat izin dari Satgas COVID-19 di masing-masing daerah," kata Budi.

Pelaksanaan UTBK akan digelar di banyak lokasi di daerah-daerah. Total ada 74 pusat UTBK untuk pelaksanaan tahun ini. Sebagian besar pusat UTBK sudah mengantongi izin dari Satgas COVID-19 di daerahnya masing-masing.

"Sudah 50-an dari 74 pusat UTBK yang mendapat izin dari Satgas COVID-19," kata Budi. (dnu/imk)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia