Kemendikbudristek Akan Gelontorkan Peralatan TIK untuk SMP, Ini Rinciannya

Kemendikbudristek Akan Gelontorkan Peralatan TIK untuk SMP, Ini Rinciannya

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 01 Nov 2022 11:30 WIB
Pembelajaran Tatap Muka 100% di SMP Negeri 10 Kota Probolinggo
Ilustrasi Kemendikbudristek akan gelontorkan perangkat TIK untuk SMP yang berhak mendapatkan. Foto: M Rofiq/detikJatim
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Sekolah Menengah Pertama pada tahun ini akan kembali memberikan bantuan peralatan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) ke berbagai satuan pendidikan jenjang SMP di Indonesia. Ada empat jenis perangkat yang akan diserahkan.

Dikatakan dalam laman resmi Direktorat SMP Kemdikbud, sejumlah bantuan tersebut diperuntukkan bagi satuan pendidikan yang layak menerima. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka mendukung digitalisasi sekolah, sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan.

Berbagai peralatan TIK tersebut juga diharapkan bisa memperluas sumber belajar siswa dan guru.

Bantuan Peralatan TIK untuk SMP 2022

1. Chromebook

Laptop Chromebook akan diberikan kepada berbagai sekolah untuk kegiatan belajar dan mengajar yang membutuhkan perangkat komputer. Perangkat ini nantinya juga bisa dipakai untuk pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Jumlah laptop Chromebook yang akan diterima oleh sekolah yang berhak adalah 15 unit.

2. Proyektor

Proyektor yang akan diserahkan oleh Kemendikbudristek tidak terbatas untuk proses belajar dan mengajar di kelas saja. Kegiatan rapat guru dan organisasi siswa maupun kegiatan lainnya juga dikatakan bisa memanfaatkan fasilitas ini. Setiap sekolah yang berhak nantinya akan mendapat satu unit proyektor.

3. Router

Perangkat berikutnya yang akan diberikan adalah router dan termasuk modem. Jenis router yang diberikan sendiri adalah yang berbentuk nirkabel. Sekolah nantinya akan memperoleh satu unit.

4. Konektor

Terakhir, sekolah akan memperoleh konektor sebanyak satu unit. Saat menerima seluruh bantuan ini, sekolah diminta agar proses penerimaan barang didokumentasikan.

Selain itu, satuan pendidikan diwajibkan memeriksa bantuan dan mengisi bukti acara serah terima (BAST). Direktorat SMP Kemendikbudristek turut meminta agar sekolah memastikan kondisi barang yang diterima sesuai dengan instrumen pemeriksaan awal.



Simak Video "Salut! Siswa SMP Buka Jalur Mobil Damkar yang Terjebak Macet di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia