Model & Warna Pakaian Adat Seragam Sekolah Ditentukan Pemda, Kapan Dipakai?

Model & Warna Pakaian Adat Seragam Sekolah Ditentukan Pemda, Kapan Dipakai?

Devi Setya - detikEdu
Selasa, 25 Okt 2022 14:30 WIB
Pakaian Adat Bulan Kuurung dari kalimantan timur
Ilustrasi pakaian adat Foto: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki aturan baru terkait penggunaan seragam sekolah. Khusus untuk pakaian adat yang dijadikan seragam sekolah, aturannya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Sebelumnya, siswa pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah mengenakan seragam nasional atau seragam Pramuka sebagai pakaian wajib ke sekolah. Ada pula seragam khas sekolah yang turut menjadi aturan yang dikeluarkan oleh sekolah masing-masing.

Melalui peraturan baru yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, kini siswa juga diharuskan mengenakan pakaian adat di sekolah.

Dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Pendidikan SD Kemendikbudristek (25/10/2022) pakaian adat sebagai seragam sekolah tidak dikenakan setiap hari. Siswa dapat mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu.

Aturan Pakaian Adat sebagai Seragam Sekolah

Dalam pasal 4 Permen Kemendikbudristek Nomor 50 tahun 2022 ini tertulis Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pengenaan pakaian adat bagi peserta didik di sekolah. Kewenangan ini meliputi pemilihan model dan warna pakaian adat.

Dalam pemilihan model dan warna pakaian adat ini, Pemerintah Daerah harus memperhatikan hak setiap siswa untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

Adapun pengenaan baju adat sebagai seragam ini berlaku mulai 7 September 2022. Saat ini beberapa Pemda masih melakukan berbagai persiapan soal kebijakan dan penentuan pakaian adat sebagai seragam sekolah.

Jadwal Penggunaan Seragam Sekolah

Jadwal penggunaan seragam sekolah, untuk pakaian seragam nasional dikenakan paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera. Kemudian, seragam pramuka dan khas sekolah digunakan pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

Untuk penggunaan pakaian adat digunakan peserta didik pada hari atau acara adat tertentu.

Kebijakan penggunaan pakaian adat sebagai seragam sekolah masih dalam tahap proses sosialisasi. Jadi saat ini belum ada sekolah yang menerapkan aturan ini. Saat ini seragam yang berlaku adalah seragam nasional, seragam Pramuka dan seragam khas sekolah.

Model dan Warna Seragam Nasional

Untuk seragam jenjang SD dan SD Luar Biasa, atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.

Jenjang SMP dan SMP Luar Biasa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua. Sementara jenjang SMA atau SMA Luar Biasa, SMK dan SMK Luar Biasa atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu.

Pada Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah, orang tua atau wali masing-masing Peserta Didik boleh memilih salah satu model Pakaian Seragam Nasional dengan mengacu pada ketentuan model Pakaian Seragam Nasional.

Sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat, sekolah dapat memilih model pakaian seragam nasional yang dikenakan oleh peserta didik dengan mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional.

Sementara itu sekolah yang berada di Provinsi Aceh, peserta didik yang beragama Islam mengenakan pakaian seragam Nasional sesuai kekhususan Aceh, berdasarkan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pemerintahan Aceh, dengan tetap mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional

Model dan Warna Seragam Pramuka

Model dan warna pakaian seragam Pramuka mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Model dan Warna Seragam Khas Sekolah

Model dan warna seragam khas sekolah ditetapkan sekolah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.



Simak Video "Geger Sejoli Berpakaian Adat Bali Mesum di Mobil Usai Melukat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia