Struktur OSIS SMP Lengkap dengan Penjelasannya

Nikita Rosa - detikEdu
Minggu, 14 Agu 2022 07:00 WIB
Ilustrasi siswa SMP
Ilustrasi siswa SMP. (Foto: Thinkstock/Fuse)
Jakarta -

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah organisasi siswa resmi yang terdapat di sekolah. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Bagaimana struktur OSIS di SMP?

Sebelum itu, siswa perlu memahami apa itu OSIS. OSIS sendiri masuk ke dalam organisasi resmi dari sekolah menurut Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992. Jadi, setiap sekolah pada jenjang SMP dan SMA sudah pasti memiliki OSIS.

Dalam pelaksanaan OSIS, OSIS akan dibantu oleh pembina OSIS dan perwakilan kelas. Pembina OSIS sendiri adalah guru yang ditunjuk sebagai pembina sedangkan perangkat OSIS adalah perwakilan kelas atau Majelis Perwakilan Kelas (MPK) adalah dua siswa yang mewakili setiap kelas. MPK berfungsi sebagai pengawas dari kegiatan OSIS.

Fungsi OSIS SMP

Dalam Buku Panduan OSIS Sebagai Wadah Siswa Penggerak oleh Kemdikbud, OSIS memiliki tiga fungsi, yaitu:

1. OSIS sebagai Wadah Organisasi Siswa

OSIS merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah. OSIS menjadi wadah organisasi bagi para siswa dalam melakukan kegiatan bersama, bertukar ilmu, pikiran, dan mengeluarkan pendapat.

2. OSIS sebagai Motivator

OSIS juga berfungsi menjadi motivator siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama-sama.

3. OSIS sebagai Pembinaan Siswa

OSIS merupakan salah satu jalur pembinaan dalam memberi bekal pengetahuan dan pengalaman kepada siswa untuk memimpin dirinya sendiri , orang lain, dan lingkungannya dalam mengikuti kegiatan sekolah dan kehidupan sosial sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Tujuan OSIS SMP

1. Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertakwa
2. Memahami dan menghargai lingkungan hidup serta nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan.
3. Membangun kepribadian yang kuat dan menghargai Hak Asasi Manusia
4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan, dan rasa cinta tanah air.
5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerja sama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis.
6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistik, budaya, dan intelektual.
7. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani

Struktur OSIS SMP

Struktur pengurus OSIS SMP diketuai oleh Ketua OSIS, Sekretaris, Bendahara, Ketua Seksi dan Anggotanya. Berikut tugas-tugasnya.

1. Ketua OSIS

Ketua Osis adalah individu yang akan memimpin jalannya pengurus OSIS. Pemilihan ketua biasanya dipilih secara langsung lewat pemilu oleh siswa atau dipilih dengan musyawarah oleh MPK.

2. Sekretaris OSIS

Sekretaris OSIS bertugas membantu persuratan baik kegiatan maupun keperluan lainnya dalam OSIS. Sekretaris juga akan berdampingan dengan Ketua memimpin jalannya OSIS. Sekretaris sendiri bisa dipilih melalui pemilu berdampingan dengan Ketua OSIS atau dipilih langsung oleh Ketua OSIS.

3. Bendahara OSIS

Bendahara akan bertanggung jawab mengurus keuangan dari kegiatan OSIS. Bendahara dibantu dengan Sekretaris Bidang akan membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) terkait dana kegiatan OSIS pada masa jabatannya.

4. Sekretaris Bidang

Sekretaris Bidang (Sekbid) adalah pengurus OSIS yang berfokus menjadi wadah kegiatan siswa dalam bidang-bidang tertentu. Bidang dalam Sekbid OSIS SMP sudah ditetapkan oleh pemerintah menjadi 10 Sekbid. Berikut penjelasannya.

a. Seksi Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa

Seksi ini akan bertugas membina kegiatan keagamaan di sekolah, termasuk hari-hari besar, lomba keagamaan, hingga toleransi antar umat beragama.

b. Seksi Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia

Seksi Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia bertanggung jawab menjaga ketertiban dan ketertiban sekolah agar siswa dan warga sekolah saling menghormati satu sama lain.

c. Seksi Pembinaan Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara

Selanjutnya, Seksi ini bertugas melaksanakan upacara bendera setiap Senin atau hari-hari besar, menjaga nilai budi luhur negara, serta melakukan pertukaran siswa antar-daerah dan antar-negara.

d. Seksi Pembinaan Prestasi Kademik, Seni, dan/atau Olahraga Sesuai Bakat dan Minat

Seksi Pembinaan Minat dan Bakat akan bertanggung jawab mengadakan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat siswa, baik akademik, seni, maupun olahraga.

e. Seksi Pembinaan Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan, dan Toleransi Sosial dalam Konteks Masyarakat Plural

Untuk Seksi ini, ia bertugas mengadakan kegiatan kaderisasi dan orientasi bagi pengurus OSIS atau siswa baru.

f. Seksi Pembinaan Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan

Seksi Pembinaan Kreativitas, Keterampilan dan Kewirausahaan bertanggung jawab meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa dalam bidang kewirausahaan. Seksi ini akan ditempatkan untuk mengembangkan koperasi siswa serta kegiatan kewirausahaan siswa.

g. Seksi Pembinaan Kualitas Jasmani, Kesehatan, dan Gizi Berbasis Sumber Gizi yang Terdiversifikasi

Seksi ini bertugas dalam meningkatkan perilaku hidup sehat pada siswa. Selain itu ia juga bertanggung jawab dalam pengamanan jajan di sekolah.

h. Seksi Pembinaan Sastra dan Budaya

Seksi Pembinaan Sastra dan Budaya bertanggung jawab mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra melalui lomba atau kegiatan lainnya.

i. Seksi Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Seksi Pembinaan TIK nantinya akan mengembangkan pemanfaatan TIK di sekolah untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran atau sebagai wahana kreativitas dan inovasi siswa.

j. Seksi Pembinaan Komunikasi dalam Bahasa Inggris

Terakhir adalah Seksi Pembinaan Komunikasi dalam bahasa Inggris. Seksi ini adalah seksi yang akan meningkatkan kemampuan berbahasa siswa di sekolah. Kegiatan yang bisa diadakan oleh seksi ini antara lain lomba debat, menulis, pidato, atau kegiatan English Day.

Nah, itulah struktur OSIS SMP lengkap dengan penjelasannya. Apa kamu termasuk dalam pengurus OSIS, detikers?



Simak Video "Pengakuan 4 Siswi SMP di Pekanbaru yang Hilang Lalu Ditemukan di Kamar Hotel"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia