Struktur Kurikulum Merdeka SMK Terbagi Jadi 2, Apa Saja?

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 10 Agu 2022 14:30 WIB
SMK di Banyuwangi Rakit Motor Listrik untuk Kalangan Difabel
Ilustrasi SMK. Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Skema penerapan Kurikulum Merdeka telah diatur dalam Keputusan Mendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Disebutkan dalam surat keputusan tersebut, pelaksanaannya pada tahun pertama diperuntukkan bagi siswa usia 5-6 pada jenjang PAUD, dan siswa kelas 1, 4, 7, serta 10 untuk tingkat SD dan menengah.

Sementara, tahun kedua diterapkan kepada siswa usia 4-6 tahun pada tingkat PAUD dan kelas 1, 2, 4, 5, 7, 8, 10, dan 11 pada tingkat dasar dan menengah. Kemudian, pada tahun ketiga kurikulum ini baru diterapkan untuk murid usia 3-6 tahun pada jenjang PAUD dan kelas 1 sampai 12 jenjang dasar dan menengah.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa siswa SMK atau MAK pun tak luput dari kebijakan Kurikulum Merdeka. Struktur kurikulumnya sendiri mengacu kepada spektrum keahlian SMK/MAK. Spektrum keahlian adalah daftar program dan bidang keahlian SMK yang disusun menurut kebutuhan dunia kerja.

Sementara, struktur kurikulum SMK/MAK berisi aturan beban belajar untuk tiap mata pelajaran dalam jam pelajaran tahunan dan/atau per 3/4 tahun yang dikenal dengan sistem blok. Sehingga, sekolah bisa mengatur pembelajaran dengan fleksibel dengan alokasi waktu setiap minggu tidak selalu sama dalam satu tahun.

Struktur Kurikulum SMK/MAK

Struktur kurikulum untuk jenjang ini dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Pembelajaran intrakurikuler
  • Proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebanyak sekitar 30 persen dari total jam pelajaran per tahun.

Struktur kurikulum SMK/MAK dikelompokkan menjadi dua bagian utama, yaitu mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan. Pada program SMK 3 tahun, mata pelajaran kejuaran akan dipelajari pada kelas 11 sampai 12. Sementara, pada program 4 tahun, mata pelajaran yang dipelajari pada kelas 11 sampai 13 adalah mata pelajaran konsentrasi keahlian tertentu.

Demikian struktur Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMK/MAK. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Viral Pelajar SMK di Medan Dikeroyok Sejumlah Pemuda"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia