5 Contoh Hidup Rukun di Sekolah Lengkap dengan Penjelasannya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 10 Agu 2022 14:15 WIB
Ilustrasi Anak Sekolah SMA sedang belajar
Foto: Rachman_punyaFOTO/5 Contoh Hidup Rukun di Sekolah Lengkap dengan Penjelasannya
Jakarta -

Sebagai seorang siswa, maka kamu wajib memiliki sikap yang rukun terhadap kepala sekolah, guru, dan teman-teman yang ada di sekolah. Akan tetapi, apakah kamu tahu contoh hidup rukun di sekolah itu seperti apa?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, siswa perlu memahami pengertian dari rukun. Mengutip dari buku Pentingnya Hidup Rukun (2012) yang ditulis oleh Eko Purwaningsih bahwa rukun adalah sikap yang baik atau damai kepada orang lain.

Rukun juga berarti sikap yang melambangkan hidup yang guyub, saling membantu, toleransi, dan dan menghargai antara perbedaan yang ada di tengah-tengah kita.

Sikap yang rukun pada setiap orang akan melahirkan kehidupan yang damai dan terhindar dari berbagai konflik sosial.

Contoh Hidup Rukun di Sekolah

Sekolah adalah tempat yang dirancang untuk para siswa bersekolah dan mendapatkan pembelajaran.

Umumnya, siswa akan bersekolah selama lima hari, yaitu mulai dari Senin hingga Jumat. Berikut ini contoh hidup rukun di sekolah yang bisa dilakukan oleh siswa.

1. Belajar Bersama

Belajar secara bersama-sama di dalam kelas maupun di luar kelas sangat menggambarkan kerukunan yang terjadi pada siswa di sekolah.

Dengan belajar secara bersama-sama, maka siswa akan banyak berinteraksi dengan siswa lain, saling bertanya dan membantu ketika siswa lain ada yang kesulitan, dan lain-lain.

2. Bermain Bersama

Di sekolah siswa tidak hanya menjalankan rutinitas belajar saja, namun juga bermain. Pada usia yang masih anak-anak hingga remaja, siswa harus melakukan sosialisasi, interaksi, dan melakukan kontak sosial sebagai bagian dari proses sosial. Hal ini sangat mencerminkan sikap hidup yang rukun di sekolah.

3. Memiliki Rasa Menghargai atas Perbedaan

Sejak dini, siswa harus diajarkan tentang nilai-nilai toleransi yang berasas pada sikap menghargai. Indonesia sebagai negara yang plural, memperlihatkan cerminan suatu bangsa yang hidup rukun di atas perbedaan suku, ras, agama, dan antar golongan.

Hal ini harus disosialisasikan kepada siswa agar memiliki rasa menghargai atas perbedaan yang terjadi di lingkungan sekolah.

4. Memiliki Rasa Peduli dengan Orang Lain

Ketika siswa di dalam lingkungan sekolah memiliki perasaan yang saling peduli dengan siswa-siswa lain, maka akan tercipta suatu kerukunan.

Perasaan peduli dengan orang lain juga dapat diciptakan dengan proses-proses pendidikan yang hangat dan mendekatkan, bukan menjauhkan. Memiliki rasa peduli adalah salah satu poin penting dalam melahirkan kerukunan di sekolah.

5. Lingkungan Sekolah yang Inklusif

Siswa sebagai objek dari pendidikan juga harus disesuaikan dengan lingkungan sekolah yang inklusif atau terbuka.

Hal ini penting karena lingkungan sekolah melalui perangkat pendidikan seperti guru dan tenaga pendidik harus merancang sebuah ekosistem pendidikan yang adil bagi seluruh siswa.

Sebab, tidak dapat dipungkiri, jika saat ini ada beberapa oknum sekolah yang sangat diskriminatif terhadap siswa.

Nah, itulah contoh hidup rukun di sekolah yang harus dijalankan oleh siswa dan satuan pendidikan. Yuk selalu ciptakan kerukunan di sekolah detikers!



Simak Video "Tiga Ruang Kelas SD di Grobogan Rusak Parah, Siswa Ujian di Teras"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia