Sedih, Sekolah Rusak Bikin Siswa-Guru di Sekolah Ini Bersih-Bersih sebelum Belajar

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 30 Jul 2022 17:30 WIB
SMPN 5 Satap Likupang Barat, Minahasa Utara, Sulut.
SMPN 5 Satap Likupang Barat. Foto: SMPN 5 Satap Likupang Barat, Minahasa Utara, Sulut. (Trisno Mais/detikcom)
Jakarta -

Siswa dan guru di SMPN 5 Satu Atap (Satap) Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara mau tidak mau harus kerap membersihkan ruang kelas dari kotoran hewan sebelum belajar. Sebab, sejumlah bagian dari bangunan sekolah rusak parah dan membuat binatang tidur sekaligus membuang hajat di sana.

"Terkadang binatang tidur dan membuang kotoran di kelas," ungkap Wakil Kepala Sekolah SMPN 5 Satap Likupang Barat, Robert (27/7/2022), dikutip dari detikSulsel.

Robert mengatakan situasi seperti ini terjadi nyaris setiap hari. Binatang bebas keluar masuk kelas karena pintu dan jendela rusak, menyebabkanya tidak dapat tertutup rapat.

Di sisi lain, Wakasek SMPN 5 Satap Likupang Barat itu juga mencemaskan keselamatan siswa. Hal ini tidak lain karena atap dan plafon sekolah yang rusak, sehingga bagian-bagiannya rawan jatuh menimpa siswa saat ada angin kencang.

"Kondisi sekolah kalau cuaca ekstrem kondisi di sekolah sangat memprihatinkan," sebutnya.

Beberapa kondisi buruk lain di SMP mereka adalah dinding yang sudah tampak retak dan WC yang tak dapat digunakan. Dua toilet di sana tak befungsi karena sudah penuh sampah.

"Bangunan juga sudah rawan gempa, karena sudah retak," jelas Robert.

"WC sudah sama sekali tidak bisa difungsikan. Siswa dan guru kalau mau buang air ke masyarakat dan rumah guru-guru," tambah Robert.

Dia mengatakan bahwa kondisi rusak parah ini sudah berlangsung sejak 4 tahun terakhir. Rencana renovasi oleh pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat belum direalisasikan.

Dinas Pendidikan Minahasa Utara pun diharapkan dapat membantu mengawal perbaikan sekolah tersebut.

"PUPR sudah turun, datang lihat kerusakan. Tahun kemarin dibilang masuk tahun anggaran 2022, tapi sampai sekarang belum," kata Robert.



Simak Video "Tiga Ruang Kelas SD di Grobogan Rusak Parah, Siswa Ujian di Teras"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia