3 Fungsi Utama Platform Merdeka Mengajar bagi Para Guru, Apa Saja?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 19:35 WIB
FAIDAH TIM WARTEK KEMENDIKBUDRISTEKK
Foto: WARTEK KEMENDIKBUDRISTEKK
Jakarta -

Platform Merdeka Mengajar adalah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan para guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Bukan hanya sekedar aplikasi, platform Merdeka Belajar juga turut membantu para guru untuk mengembangkan dirinya secara mandiri.

Untuk mengakses platform Merdeka Mengajar, para guru harus melakukan registrasi akun secara mandiri di website belajar.id atau dengan bantuan Operator Satuan Pendidikan di masing-masing sekolah.

Platform Merdeka Mengajar memiliki 3 fungsi utama, yaitu Belajar, Mengajar dan Berkarya. Faidah Nailatir, anggota Tim Wartek Kemendikbud Ristek memaparkan terkait 3 fungsi utama tersebut. Menurutnya, fungsi-fungsi itu sangat bermanfaat bagi para guru dalam segala aspek.

"Fungsi Platform Merdeka Mengajar ini 3, yaitu Belajar, Mengajar dan Berkarya," katanya dalam webinar seri Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar Jilid 2 Tingkat SMK pada Rabu, (29/6/2022).

3 Fungsi Utama Platform Merdeka Mengajar

1. Mengajar

Platform Mereka Mengajar dapat digunakan sebagai bahan untuk mengajar. Para guru dimudahkan dengan perangkat ajar yang terdapat di platform tersebut, asesmen murid, dan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sesuai tahap capaian perkembangan peserta didik.

Perangkat ajar yang bisa didapatkan yaitu Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, modul proyek, buku murid dan asesmen. Tidak hanya dapat diakses secara online, perangkat-perangkat ajar tersebut juga dapat diunduh.

Pada bagian asesmen murid, para guru dapat mengetahui level kompetensi murid, informasi dari proses dan hasil pembelajaran, mencari asesmen berdasarkan fase dan mata pelajaran serta menerima proses penilaian yang dilakukan secara otomatis.

2. Belajar

Fungsi selanjutnya yaitu belajar. Maksudnya, guru dapat memperoleh pelatihan secara mandiri dan berkualitas. Tak hanya itu, guru juga akan mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas.

Dalam pelatihan mandiri, guru akan diberikan topik pelatihan, modul pelatihan, latihan pemahaman, cerita reflektif dan aksi nyata. Aksi nyata ini biasanya implementasi dari topik pelatihan yang dipraktekkan secara langsung kepada siswa di sekolah.

3. Berkarya

Pada fungsi berkarya, para guru dapat membangun portofolio dan memampang hasil karyanya di Platform Merdeka Belajar dalam bentuk video. Nantinya, mereka dapat saling berbagi satu sama lain dan memberikan umpan balik (feedback).

Umpan balik ini nantinya akan menjadi bahan diskusi yang dapat membantu guru dalam mengembangkan dirinya secara mandiri.



Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar

1. Unduh Aplikasi Merdeka Mengajar melalui Google Play Store.

2. Akses langsung melalui website https://guru.kemdikbud.go.id/.

Selain itu, Platform Merdeka Mengajar juga memiliki menu Komunitas Belajar. Tujuannya sendiri memudahkan para guru untuk saling sharing melalui komunitas, mereka dapat mendaftarkan komunitasnya secara mandiri melalui menu tersebut.



Simak Video "Penjelasan Kemdikbud soal Spesifikasi Laptop yang Disoroti Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia