Jadwal dan Cara Daftar Ulang PPDB Jabar 2022, Belum Lulus Ikut Tahap 2

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 21 Jun 2022 14:30 WIB
Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 di Jabar dimulai pada Senin (6/6/2022). Namun terpantau dari SMAN 20 Bandung masih ada peserta didik asal luar provinsi yang belum memilki akun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.
Ilustrasi cara daftar ulang PPDB Jabar 2022. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Setelah hasil PPDB Jabar 2022 tahap pertama diumumkan kemarin (20/6/2022), kini para siswa yang lulus seleksi dipersilakan melakukan daftar ulang. Tahap ini dijadwalkan pada tanggal 21-22 Juni 2022.

"Yeaayyy... selamat buat #WargiDisdikJabar yang lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap 1!. Buat kalian yang sudah dinyatakan lolos PPDB tahap 1, jangan lupa daftar ulang, ya!" tulis akun Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) dalam Instagram resminya, dikutip Selasa (21/6/2022).

Bagi orang tua dan siswa yang akan melakukan registrasi ulang, perlu dicatat bahwa tahapan ini dilakukan secara luring (luar jaringan) atau offline. Seperti apa caranya?

Jadwal dan Cara Daftar Ulang PPDB Jabar 2022 Tahap I

Disdik Jabar menganjurkan kepada orang tua yang akan melakukan daftar ulang, untuk membaca SOP PPDB sekolah penerima di situs PPDB Jabar 2022.

"Dilakukan orang tua secara mandiri/luring ke sekolah tujuan (baca informasi daftar ulang dari SOP PPDB sekolah penerima di website PPDB) atau langsung menghubungi panitia PPDB SMA, SMK, SLB negeri, dan swasta penerima," urai Disdik Jabar melalui Instagram resmi.

Keterangan SOP (standar operasional prosedur) yang dimaksud di atas bisa dilihat melalui menu Info Sekolah di portal PPDB Jabar. Setiap instansi pendidikan memiliki aturan sendiri terkait hal ini.

Berikut ini salah satu contoh aturan daftar ulang, seperti yang dipaparkan SMAN 10 Bogor:

  • Bukti print out diterima di SMAN 10 Bogor tahun ajaran 2022/2023. Berkas ini bisa diambil dari situs PPDB Jabar
  • Isi formulir yang disediakan (formulir FA3)
  • Fotokopi ijazah/surat keterangan lulus/kartu peserta ujian sebanyak satu lembar dan yang asli
  • Melampirkan pernyataan tata tertib SMAN 10 Bogor yang disertai materai
  • Fotokopi akta kelahiran 1 lembar
  • Surat keterangan tanggung jawab mutlak satu lembar
  • Fotokopi kartu keluarga dan KTP satu lembar, serta aslinya
  • Fotokopi kartu KIP/KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)/KIS (Kartu Indonesia Sehat)/PKH (Kartu Program Keluarga Harapan)/KBS (Kartu Beras Sejahtera)/KSM (Kartu Sembako Murah), juga menunjukkan aslinya. Syarat ini ditujukan kepada peserta jalur KETM
  • Fotokopi surat tugas orang tua untuk yang mendaftar jalur pindah dan anak guru, juga disertai surat asli
  • Fotokopi piagam/sertifikat kejuaraan dan aslinya (untuk jalur prestasi kejuaraan)
  • Fotokopi rapor semester 1-5 dan aslinya (untuk jalur rapor)
  • Fotokopi NISN satu lembar
  • Berkas dimasukkan ke dalam map yang disediakan SMAN 10 Bogor.
  • Daftar ulang dibuka 21-22 Juni 2022 jam 07.30 sampai 14.30 WIB. Jika tidak daftar ulang sampai batas waktu, maka dianggap mengundurkan diri.

Selaras dengan salah satu contoh aturan di atas, Disdik Jabar juga menyebutkan beberapa berkas identitas dalam bentuk asli dan fotokopi yang dibutuhkan pada saat daftar ulang. Dokumen yang ini mencakup Kartu Keluarga, bukti pendaftaran, maupun yang lainnya.

"Siapkan berkas berkas asli dan fotocopy seperti KK, bukti pendaftaran dan lain lain, info lebih lanjut oleh sekolah tujuannya, " urai Disdik Jabar menanggapi pertanyaan salah satu netizen.

Pihak mereka pun menegaskan agar para siswa yang diterima dalam seleksi tahap 1 mencari informasi lebih dalam di sekolah yang dituju. Di samping itu, siswa yang belum lulus tahap pertama dibukakan pintu untuk mengikuti PPDB Jabar 2022 tahap kedua.



Simak Video "PPDB Jabar 2022, Ridwan Kamil: Insyaallah Paling Adil"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia