ADVERTISEMENT

Cara Cek dan Daftar BLT Anak Sekolah SD, SMP, SMA, Ada Bantuan Rp 4,4 Juta

Devi Setya - detikEdu
Senin, 20 Jun 2022 12:30 WIB
Para siswa ditemani orang tua mencairkan dana program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Bantuan langsung ini dicairkan lewat Bank BRI Unit Baa, Pulau Rote, NTT.
Ilustrasi anak sekolah memegang KIP Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan BLT anak sekolah yang merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH). Anak usia sekolah adalah komponen dalam PKH bersama lansia, disabilitas berat, dan ibu hamil.

Program BLT anak sekolah diperuntukkan bagi keluarga miskin yang memiliki anak usia sekolah dengan total mencapai Rp 4,4 juta. Berikut besar rincian bantuan:

  • SD sebesar Rp 900.000
  • SMP sebesar Rp 1.500.000
  • SMA sebesar Rp 2.000.000.

Dikutip dari laman resmi Kemensos, masyarakat penerima BLT anak sekolah harus berasal dari keluarga miskin dan terdaftar pada fasilitas pendidikan terdekat. Bantuan komponen diberikan maksimal untuk 4 jiwa dalam satu keluarga.

Berikut penjelasan detail tentang syarat dan cara daftar BLT anak sekolah bagian dari PKH

A. Syarat daftar BLT anak sekolah

  1. Sudah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Terdaftar di lembaga pendidikan formal atau non-formal dan Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  3. Jika tidak memiliki KIP, pihak keluarga bisa melakukan pendaftaran ke lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  4. Bagi keluarga yang juga tidak mempunyai KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke RT/RW hingga kelurahan untuk dibawa ke lembaga dinas pendidikan.

B. Cara daftar BLT anak sekolah

Peserta penerima bantuan Kemensos terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun saat ini, masyarakat bisa melakukan pendaftaran secara online lewat aplikasi Cek Bansos.

Kemensos menjelaskan, aplikasi ini memiliki fitur usul dan sanggah yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Usul digunakan jika ada warga lain yang dinilai layak menerima bantuan namun belum ada di DTKS.

Sedangkan sanggah digunakan jika masyarakat menemui bantuan yang salah sasaran. Usul dan sanggah bisa diakses ID yang telah diverifikasi dan diaktivasi Kemensos, termasuk untuk bantuan BLT anak sekolah.

Respon masyarakat akan masuk dashboard aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) user supervisor di Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Pada menu ini supervisor harus melakukan verifikasi terhadap data dalam tabel yang tampil.

Selanjutnya Dinas Sosial melakukan verifikasi dengan mengecek kesesuaian informasi dan kondisi sebenarnya di lapangan. Data hasil verifikasi yang disetujui akan dikirimkan ke dalam usulan baru DTKS melalui aplikasi sistem SIKS-NG online, disertai surat pengesahan dari kepala daerah untuk diproses dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial.

C. Cara cek BLT anak sekolah

Untuk jadwal pencairan dana BLT sekolah ini dilakukan secara bertahap yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober 2022. Sebelum mencairkan dana BLT anak sekolah, sebaiknya dicek lebih dulu untuk mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima.

Pengecekan data dapat dilakukan melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id. Petunjuk pencarian peserta penerima BLT sekolah dengan mengisi kolom yang tertera.

  1. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
  2. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP
  3. Ketikkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode
  4. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru
  5. Klik tombol CARI DATA.

Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai wilayah yang di-inputkan. Jika nama kamu terdaftar maka bantuan akan disalurkan sesuai jadwal yang berlaku.



Simak Video "Sederet Hal Terbaru soal Temuan Beras Bantuan Presiden Dikubur di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia