Antisipasi Hepatitis, PGRI Sarankan Penyuluhan untuk Pelaku Kantin Sekolah

Kristina - detikEdu
Selasa, 24 Mei 2022 18:30 WIB
Doctor shows liver in hand on a blue background.
Ilustrasi hepatitis akut misterius. Foto: iStock
Jakarta -

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mendorong agar Dinas Kesehatan (Dinkes) berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) melakukan penyuluhan bagi pelaku kantin. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan hepatitis akut misterius di sekolah.

"Kami PGRI mendorong agar Dinas Kesehatan juga mampu berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan juga sekolah melakukan penyuluhan tentang hepatitis kepada para pelaku kantin," ucap Ketua Departemen Litbang PB PGRI, Sumardiansyah Perdana Kusuma saat dihubungi, Sabtu (21/5/2022) dan ditulis hari ini, Selasa (24/5/2022).

Sumardiansyah menjelaskan, pengetahuan masyarakat tentang hepatitis, mulai dari gejala hingga penanganannya, masih belum memadai. Sehingga, pihaknya berharap akan ada program kolaborasi untuk memberikan penyuluhan kepada seluruh warga sekolah, termasuk pelaku kantin tersebut.

"Sebab bagaimanapun juga pengetahuan sebagian orang tentang hepatitis itu masih belum memadai. Apa itu hepatitis, kemudian apa gejalanya, bagaimana penanganannya," tuturnya.

PGRI menilai, upaya penyuluhan ini dapat memberikan pemahaman yang nantinya akan terbangun inisiatif untuk membuat strategi agar makanan yang dijajakan harus dibuat lebih steril.

Berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan, per tanggal 20 Mei 2022, ada 14 kasus hepatitis akut yang ditemukan di Indonesia. Empat di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

"Hingga saat ini ditemukan 14 kasus di Indonesia. Tapi yang meninggal akan kami sampaikan ada empat orang, yang sisanya masih dalam perawatan," ujar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono saat Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (23/5/2022).

Dante mengungkapkan, tiga kasus pertama di Indonesia ditemukan pada 27 April 2022. Ketiganya adalah anak-anak usia di bawah 16 tahun.

WHO sendiri belum mengetahui secara pasti penyebab hepatitis akut misterius tersebut. Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menduga penyakit ini disebabkan oleh infeksi adenovirus.

Adenovirus adalah sejenis virus yang menyebabkan infeksi di saluran pernapasan, mata, dan pencernaan. Virus inilah yang menyebabkan flu dan batuk.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia