Nadiem Curhat soal Ekskulnya saat Sekolah, Pernah Jadi Anak Band Lho!

Rahma Harbani - detikEdu
Selasa, 24 Mei 2022 09:00 WIB
Nadiem-Desta Jadi Guru Tamu, Bicara Pentingnya Eskul-Tugas Kelompok
Nadiem (kiri) curhat soal ekskul yang pernah diikutinya semasa sekolah dulu di SMPN 5 Jakarta beberapa waktu lalu. (Dok. Kemendikbudristek)
Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim membeberkan kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul yang pernah diikutinya semasa sekolah. Ternyata, Nadiem pernah memilih band sebagai salah satu ekskul yang menarik minatnya.

"Kalau (waktu) SMP dan SMA, aku (ikut ekskul) nge-band. Jadi, kita masuk rock band kompetisi," ceritanya dikutip dari Instagram pribadi milik Nadiem, @nadiemmakarim, Selasa (24/5/2022).

Nadiem membagikan cerita masa-masa sekolahnya dulu tersebut kala hadir sebagai guru tamu di kelas VIII SMP Negeri 5 DKI Jakarta. Bersama Desta, Nadiem hadir dalam segmen #masukkelas edisi Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 untuk tayangan YouTube Kemendikbud RI.

Sementara semasa duduk di bangku Sekolah Dasar, Nadiem menuturkan, dirinya lebih memilih untuk tergabung dalam ekskul pramuka. Seperti halnya siswa pada umumnya, Nadiem juga memilih lebih dari satu ekskul semasa sekolah.

Mendikbudristek yang kerap disapa Mas Menteri ini ternyata turut tergabung pula dengan ekskul teater. Ekskul inilah yang disebut Nadiem punya andil besar dalam mengembangkan dirinya hingga sekarang.

Mulai dari melatih kepemimpinan, kepercayaan diri untuk berbicara di depan orang ramai, hingga mengembangkan jiwa gotong royong. "Itu seram kan. Semua teman-teman nonton. Jadi kalau kita jatuh di panggung atau tiba-tiba kagok gitu ya, aduh malunya sama teman-teman, apalagi orang tua gitu," ceritanya.

Selama ikut serta menjadi anggota ekskul teater sekolah, Nadiem mengaku, kerap kali terpilih menjadi pemeran utama cerita. Setidaknya, kata Nadiem, ada 5-6 hasil karya produksi teater dengan dirinya sebagai pemeran utama.

Selama kunjungan yang dilakukan pada Jumat (13/5/2022) lalu, Nadiem menyarankan para siswa agar tidak hanya melihat kegiatan ekskul sebagai kegiatan tambahan semata maupun kegiatan untuk bersenang-senang saja.

Sebab menurutnya, kegiatan ekskul memiliki sederet manfaat. "Ekskul itu melatih jiwa kepemimpinan kita, keberanian kita, kemampuan gotong royong, belajar teamwork. Itu namanya pembelajar sepanjang hayat," tutur dia.

Di samping itu, Nadiem juga berpesan agar kegiatan ekskul di sekolah dapat dimanfaatkan bagi siswa untuk mengasah passion masing-masing. Itulah, kata Nadiem, esensi utama dari melibatkan diri dalam kegiatan ekskul di sekolah.

Kalau detikers gimana, nih? Sedang tergabung dalam ekskul apa di sekolah?



Simak Video "Respons Masyarakat Tentang Kebijakan Kemendikbudristek"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia