Libur Sekolah Diperpanjang, Begini Aturan di DKI, Banten, dan Jabar

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 05 Mei 2022 15:06 WIB
Momen libur Natal dan Tahun Baru ini juga dibarengi dengan libur sekolah. Mulai besok, untuk anak-anak yang akan bepergian jauh dengan kereta api wajib tes PCR.
Libur sekolah diperpanjang sehingga masuk sekolah setelah lebaran 2022 mulai 12 Mei di sejumlah provinsi. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Libur sekolah diperpanjang bagi siswa di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar) selama tiga hari. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan, siswa baru masuk sekolah setelah Lebaran 2022 pada Kamis, 12 Mei mendatang.

Libur sekolah diperpanjang disebut Kemendikbudristek sehubungan dengan upaya antisipasi penguraian kemacetan arus balik Lebaran 2022 pada 8 Mei 2022. Sebelumnya, tanggal masuk sekolah setelah lebaran 2022 dijadwalkan pada 9 Mei 2022.

"Kemendikbudristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," kata Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristanto, Kamis (4/5/2022).

Libur Sekolah Diperpanjang 3 Hari

Anang mengatakan, Kemendikbudristek berkoordinasi dengan Pemprov DKI, Jabar, dan Banten untuk memundurkan jadwal masuk sekolah seminggu lagi, yaitu pada Kamis depan, 12 Mei 2022.

"Untuk itu, Kemendikbudristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," tuturnya.

Menurut Anang, pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta, Jabar, dan Banten kemudian akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota masing-masing. Ia mengatakan, keputusan ini masih terus disosialisasikan.

"Lebih lanjut, pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di wilayah masing-masing. Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," kata Anang.

1. Libur sekolah diperpanjang di Banten

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten memutuskan bahwa jadwal masuk SMA-SMK adalah 12 Mei 2022. Kepala Dindikbud Banten, Tabrani mengatakan, keputusan ini diberlakukan berdasarkan kebijakan pemerintah pusat untuk mengantisipasi kemacetan arus balik lebaran.

"Ini kebijakan pusat, daerah perbatasan seperti DKI, Banten, Jateng, nggak tahu yang lain ya, Pak Dirjen mengarahkan agar masukannya diundur menjadi tanggal 12 Mei, ini dimaksudkan untuk mengantisipasi padatnya arus balik," kata Tabrani, Rabu (4/5/2022).

2. Libur sekolah diperpanjang di Jabar

Libur sekolah diperpanjang juga berlaku bagi siswa di Jawa Barat. Ketetapan ini diatur dalam surat edaran Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat terkait jadwal masuk sekolah setelah libur hari Raya Idulfitri 2022.

Sebelumnya, siswa SMA, SMK dan SLB Jabar akan masuk sekolah setelah lebaran 2022 pada Rabu, 11 Mei. Sementara itu, siswa SD dan SMP masuk sekolah lagi mulai Senin, 9 Mei 2022, bersamaan dengan hari masuk kerja setelah lebaran dan cuti bersama Idulfitri.

Kadisdik Jabar Dedi Supandi mengatakan, aturan ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menghindari arus mudik. Ia mendoakan agar siswa dan tenaga kependidikan yang mudik selamat sampai tujuan.

"Dalam rangka menindaklanjuti arahan dari Bapak Presiden maka Disdik Jawa Barat telah menyebarkan edaran kepada kabupaten/kota. Sehingga kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022," kata Dedi Supandi dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022).

"Karena diprediksi akan banyak sekali kendaraan yang akan masuk ke Jabar khususnya di tanggal 6,7,8 Mei. Karena itu Disdik Jabar mengeluarkan edaran agar kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022 ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat yang mudik dengan kendaraan pribadi dapat kembali lebih awal atau setelah puncak arus balik. Pemerintah sendiri memprediksi puncak arus balik terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022.

"Setelah kita merayakan hari raya Idulfitri di kampung halaman, tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja, maupun beraktivitas lainnya. Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022," kata Jokowi, Selasa (3/5/2022).

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak, Ibu dan Saudara-Saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," terangnya.

Apakah libur sekolah diperpanjang di sekolah detikers? Hati-hati di jalan dan selamat liburan, ya!



Simak Video "Tak Kuat Terjebak Macet ke Puncak, Pengendara Pilih Putar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia