5 Tempat Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta, Isi Liburan sambil Belajar

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 04 Mei 2022 15:00 WIB
benteng vredeburg, yogyakarta
Tempat wisata edukasi anak di Jogja. Foto: (Fabian Januarius Kuwado/dTraveler)
Jakarta -

Ada beberapa tempat wisata edukasi anak di Jogja yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan. Destinasi liburan semacam ini memiliki manfaat lebih, tak hanya menyegarkan pikiran, tetapi juga menambah pengetahuan.

Bagi kalian yang tengah pulang kampung atau berkunjung ke Yogyakarta selama libur Lebaran dan cuti bersama 2022 ini, detikedu memiliki rangkuman lokasi wisata yang dimaksud. Apa saja?

Deretan Destinasi Wisata Edukasi di Yogyakarta

Mengutip dari sumber resmi masing-masing tempat wisata edukasi anak di Jogja maupun sumber lainnya, simak semua informasinya ya.

1. Taman Pintar Yogyakarta

Mulai dari Science Theater sampai Planetarium, terdapat sepuluh wahana di Taman Pintar Yogyakarta. Tarif untuk masuk ke sana berkisar antara Rp 3 ribu sampai Rp 22 ribu, bergantung usia dan wahana yang ingin dikunjungi.

Misalnya, untuk anak usia 3-7 tahun, tiket masuk ke wahana PAUD adalah Rp 3 ribu. Atau, untuk dewasa semua umur yang ingin masuk wahana Oval-Kotak, tiket masuknya Rp 20 ribu.

Selain menyediakan wahana kunjungan, tempat ini pun menawarkan program kreativitas mulai dari kreasi batik, lukis kaos, kreasi gerabah, dan lukis gerabah. Bagi yang ingin memesan tiket secara online, pihak pengelola menyediakan tempat menu pemesanan di situs resminya.

2. Sindu Kusuma Edupark

Destinasi wisata Sindu Kusuma Edupark berlokasi di Jalan Jambon (Jalan Magelang kilometer 3) Sinduadi Mlati, Sleman. Apabila ingin berkunjung ke taman airnya, kalian bisa datang mulai jam 8 pagi sampai sebelum jam 5 sore.

Sementara, jika ingin mencoba berbagai wahana, kalian bisa datang jam 9 sampai sebelum pukul 5 sore. Jadwal ini berlaku sejak 30 April sampai 8 Mei 2022.

Tempat ini memiliki beberapa miniatur candi populer di Indonesia, contohnya Candi Prambanan. Selain itu, ada juga wahana Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe, serta Omah Musik.

Apabila ingin mencoba berbagai wahana sekaligus masuk ke taman air atau waterpark, terdapat tiket terusan seharga Rp 60 ribu.

3. Kalen Edukasi Lupatmo

Mengutip laman Kalurahan Wukirsari Kabupaten Bantul, tempat wisata ini dulunya adalah sungai yang kumuh dan tercemar. Namun, kini tempat tersebut digunakan sebagai sarana edukasi agar anak-anak belajar soal kepedulian lingkungan.

Kalen Edukasi Lupatmo dicat berwarna-warni di setiap sudutnya sehingga menarik bagi anak-anak. Ketika mulai dibangun, kali atau sungai di Dusun Manggung itu diberi banyak benih ikan, seperti tombro dan nila. Namun, ikan-ikan di sana tidak diperbolehkan untuk ditangkap dengan cara apa pun.

4. Dino Park, Merapi Park

Lokasi wisata Merapi Park pada tanggal 3 Mei 2022 kemarin baru saja melakukan soft opening untuk wahana terbaru mereka, Dino Park. Anak-anak yang menyukai karakter dinosaurus bisa belajar mengenal dinosaurjus sambil berfoto di tempat ini.

Lokasinya sendiri ada di Jalan Kaliurang kilometer 22,5 Sleman. Jika ingin berkunjung, kalian bisa datang mulai hari Senin sampai Minggu pukul 9 pagi sampai sebelum jam 5 sore.

5. Benteng Vredeburg

Selain wisata edukasi kekinian, siswa juga bisa berlibur sambil belajar mengenai sejarah di Indonesia. Salah satunya di Benteng Vredeburg yang lokasinya adalah di sekitar Jalan Malioboro.

Di sana, siswa bisa melihat berbagai miniatur atau diorama peristiwa bersejarah di Indonesia. Setiap diorama juga memiliki keterangan mengenai tempat, tanggal, dan siapa saja yang terlibat dalam peristiwa bersejarah yang ditampilkan.

Itulah beberapa tempat wisata edukasi anak di Jogja yang bisa dikunjungi saat liburan sekolah. Jalan-jalan bisa sambil belajar!



Simak Video "Gibran Salat Id di Balai Kota Solo, Tak Gelar Open House"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia