6 Cara agar Rajin Belajar, Salah Satunya Ubah Kebiasaan Pegang HP

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 17 Feb 2022 12:00 WIB
ilustrasi anak belajar
Ilustrasi siswi belajar. Foto: thinkstock
Jakarta -

Bagi sebagian orang, memulai untuk belajar adalah hal yang sulit dilakukan. Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi. Di antaranya yaitu karena belajar adalah hal yang membosankan hingga topik yang dipelajari tidak menarik minat orang tersebut.

Jika dibiarkan, kebiasaan malas belajar akan berdampak negatif. Oleh karena itu ada beberapa cara agar rajin belajar. Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman SMKN 1 Binuang.

Cara agar Rajin Belajar

1. Mencari Motivasi Belajar

Seseorang melakukan sesuatu tentu ada alasannya. Begitu juga dengan belajar. Untuk itu sebelum belajar diperlukan alasan agar semangat melakukannya. Misalnya yaitu rajin belajar agar mendapat nilai yang lebih baik atau supaya dapat diterima di universitas tujuan.

2. Sugesti Diri Sendiri

Memberikan sugesti terhadap diri sendiri dilakukan agar tetap semangat dalam belajar. Mensugesti sendiri disebut juga sebagai self hypnosis.

Cara melakukan self hypnosis yaitu dengan berdiri di depan cermin dan menatap mata kita sendiri serta memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri. Misalnya mengucapkan kamu adalah orang yang cerdas dan bijak, kamu orang yang rajin atau kamu dapat melewati segala rintangan.

Tidak hanya untuk motivasi belajar, cara ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan psikologi yang lain.

3. Membuat Jadwal Belajar

Cara agar rajin belajar selanjutnya yaitu membuat jadwal belajar. Dengan membuat jadwal belajar maka secara otomatis akan terpacu untuk mengikuti jadwal tersebut.

Hal ini dapat dilakukan dengan menentukan agenda belajar atau daftar pelajaran yang hendak dipelajari. Buatlah agenda harian, mingguan, hingga bulanan.

Selain jadwal belajar juga buat jadwal istirahat dan kegiatan sehari-hari seperti waktu entertainment dengan menonton drama. Dengan begitu kita akan lebih terfokus pada aktivitas mana yang harus dikerjakan dan mengerti priotitas. Metode ini disebut juga calendar blocking.

4. Mengubah Kebiasaan

Mengubah kebiasaan memang bukanlah hal yang mudah, jadi mulailah perlahan saja. Gunakanlah sistem pembagian waktu. Hal ini dapat dilakukan dengan 25 menit belajar dan 5 menit memegang ponsel atau handphone (HP). Agar efektif, detikers dapat meletakkan ponsel di ruangan yang berbeda.


Jangan mengubah kebiasaan dalam satu waktu. Ubahlah satu kebiasaan buruk dalam jangka waktu tertentu.

5. Memilih Cara Belajar yang Sesuai

Metode belajar setiap orang tentu berbeda-beda. Ada berbagai metode belajar yaitu visual, auditori, atau kinestetik.

Metode visual lebih banyak menggunakan gambar dengan model grafik, flowchart, diagram atau rangkuman dengan tema warna yang berbeda akan sangat membantu.

Sedangkan gaya belajar audio dengan mendengarkan rekaman belajar, mendengarkan penjelasan dari orang lain atau belajar di dalam kelompok. Metode belajar kinestetik dilakukan dengan gerakan tubuh, keterampilan, atau juga menggunakan komputer.

6. Tetap Rileks

Dalam belajar, jangan lupa untuk tetap rileks dan tidak tegang. Jika kita belajar saat tegang maka ilmu yang dipelajari sulit terserap dalam otak.

Selingi waktu istirahat dengan melakukan kegiatan atau hobi yang kita sukai.

Nah itulah 6 cara agar rajin belajar. Bisa detikers terapkan pelan-pelan ya!



Simak Video "Dear Pak RK, Murid SDN di Subang Belajar 'Ngampar' Tanpa Kursi dan Meja"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia