Wow! 20 Siswa SD Berprestasi di China Dapat Hadiah Anak Babi

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 13 Jan 2022 12:30 WIB
5 Makanan Ini Diprediksi Langka di Tahun 2022, Termasuk Daging Babi
Siswa berprestasi di SD Xiangyang, China dapat hadiah anak babi untuk dibawa pulang. Foto: Getty Images/iStockphoto/JanPietruszka
Jakarta -

Para siswa berprestasi SD Xiangyang di daerah Yiliang, Yunnan, China menerima 20 anak babi dalam upacara penghargaan baru-baru ini. Siswa-siswa SD tersebut menerima insentif tidak umum ini dengan bunga kertas merah tergantung di depan dada, sebagai lambang kehormatan.

Hou Changliang, guru sekolah dasar mereka merekam para siswa dan orang tua yang hadir dalam upacara. Para orang tua yang tampak tertawa membawa pulang hadiah anak babi dengan digendong, dijinjing dalam tas, atau dituntun dengan tali, seperti dilansir dari South China Morning Post (SCMP).

Kenapa siswa SD berprestasi di China dapat hadiah babi?

Guru SD Xiangyang, Hou Changliang menuturkan, siswanya diberi hadiah anak babi sebagai hadiah atas kerja keras selama sekolah. Harapannya, anak babi juga dapat meningkatkan ekonomi lokal dan mendorong siswa belajar lebih semangat.

Ia menjelaskan, anak babi tersebut disponsori Dana Kesejahteraan Umum Shanghai Xiangwu. Hadiah tersebut, sambungnya, merupakan upaya membina hubungan antara pendidikan pedesaan dan ekonomi pedesaan.

Sebagai informasi, Kabupaten Yiliang adalah salah satu kabupaten paling miskin di China. Pada 2019, pendapatan tahunan tiap penduduk setempat adalah 27.291 Yuan atau sekitar Rp 61,4 juta per tahun. Sebelumnya, pemerintah setempat menyatakan bahwa penduduk Yiliang merupakan salah satu kelompok terakhir di program kampanye pengentasan kemiskinan daratan China.

"Hadiah semacam ini tidak hanya mendorong siswa tetapi juga membantu keluarga mereka. Meskipun mereka tidak melihat manfaat dari anak babi secara langsung, mereka akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari mereka di masa depan," kata Hao seperti dikutip South China Morning Post (SCMP), Kamis (13/1/2022).

Pemilihan Siswa Berprestasi

Hou menjelaskan, insentif anak babi ini diberikan berdasarkan prestasi akademik tiap siswa. Babi yang disediakan sebagai hadiah memiliki berat 5-10 kg denga bulu putih, kuning, dan hitam. Kedua puluh siswa terpilih dapat memilih anak babi masing-masing dengan dengan undian.

Respons Positif Netizen China

Hou mengatakan, ia kerap mendapat tawaran sumbangan materi untuk para siswa dari pengguna internet. Namun, ia menolak dengan alasan tidak ingin para siswa menjadi mengandalkan sumbangan dan enggan bekerja keras lebih lanjut.

"Saya harap mereka mengerti bahwa mereka harus bekerja keras dan hanya melalui ini mereka dapat memiliki martabat dan kekuasaan," kata Hou.

Video Hou yang berisikan upacara pemberian hadiah anak babi pada siswa menuai respons positif di media sosial China.

"Orang tua ini harus bangga bahwa anak-anak mereka dapat memberi keluarga babi di usia yang sangat muda," tulis salah satu netizen di Weibo.

"Hadiah ini lebih berguna daripada sertifikat jasa. Saya dapat melihat bahwa orang tua akan memiliki uang untuk membeli buku dan alat tulis anak-anak mereka tahun depan," tulis netizen lainnya.

Hou menuturkan, ia semula mengajar sebagai guru sukarelawan di SD Xiangyang setelah lulus dari universitas. Penduduk asli Hunan, China ini mengajar hingga 11 tahun. Kini, SD Xiangnyang memiliki 65 siswa dengan hanya empat guru, termasuk dirinya dan istrinya, Lei Yudan.

"Saya berharap lebih banyak orang dapat memperhatikan pendidikan pedesaan. Dibandingkan dengan materi, desa kekurangan guru," kata Hou.

Gimana detikers, apakah kamu punya ide unik untuk apresiasi siswa berprestasi sekolah dasar seperti di China?



Simak Video "Jusuf Kalla Raih Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia