PTM 2022 di DIY Boleh 100 Persen, Ini Syaratnya

Heri Susanto - detikEdu
Senin, 03 Jan 2022 18:30 WIB
PTM DIY Tahun 2022, sekolah sudah diperbolehkan PTM 75 persen hingga 100 persen.
Foto: Heri Susanto
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY sudah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Tapi, sekolah wajib untuk memberlakukan shifting atau jika ruang kelas memungkinkan tetap berjarak 1 meter.

"Untuk PTM, silahkan sekolah mau menggelar 100 persen. Asalkan dibuat shift atau kalau memang mungkin ruangannya 100 persen tetap berjarak," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji, ditemui di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Senin (3/1/2021).

Aji mengungkapkan, PTM 100 persen dengan sistem shift ini sudah berlaku sejak semester ganjil lalu. Beberapa sekolah karena memang waktu pelajaran masih terbatas, memungkinkan untuk dibuat sistem shift.

"Kan tidak ada waktu istirahat sekolah maksimal sampai jam 12.00. Sudah sejak semester lalu," katanya.

Selain syarat dengan sistem shift, kata Aji, vaksinasi juga menjadi persyaratan sekolah bisa menggelar PTM 100 persen. Salah satunya soal jumlah vaksinasi untuk siswa maupun guru.

"Siswa minimal 75 persen harus sudah divaksin. Sedangkan guru harus 100 persen kecuali memang yang tidak bisa divaksin," katanya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menambahkan, PTM di Kota Yogyakarta khususnya untuk jenjang TK sampai SMP tetap menggunakan batasan. Maksimal siswa di dalam satu ruangan ini 75 persen dari daya tampung.

"Kami masih belum 100 persen. Di TK, SD, dan SMP masih 75 persen dari daya tampung. Jumlah ini berlaku untuk sistem shift maupun gantian yang masuk," jelasnya.



Simak Video "Omicron Meningkat, Menko PMK: PTM Tetap Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia