Peran Guru Dinilai Tak Tergantikan oleh Internet

Erika Dyah - detikEdu
Minggu, 28 Nov 2021 20:00 WIB
MPR RI
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Biro Humas dan Sistem Informasi MPR, Budi Muliawan mengatakan kemajuan teknologi informasi saat ini membuat peserta didik bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari internet. Namun, ia menilai peran guru tidak bisa tergantikan meski adanya internet.

"Karena guru mengajarkan karakter dan nilai moral, etika, yang akan membentuk peserta didik agar memberikan kontribusi yang baik bagi bangsa dan negara. Peran guru tidak bisa tergantikan. Ilmu yang diperoleh tanpa guru belum tentu menghasilkan sesuatu yang lebih baik," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (28/11/2021).

Hal ini dia ungkapkan dalam acara MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan di Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Cimahi, Jawa Barat. Kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional ini mengusung tema 'Memaknai Kepahlawanan Tanpa Tanda Jasa Bagi Generasi Milenial'.

Lebih lanjut, Budi menuturkan guru adalah orang yang digugu dan ditiru. Ia lebih mengedepankan adab dan etika, membentuk integritas, serta membuat peserta didik menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.

"Adab lebih tinggi dari ilmu. Selain memberikan ilmu pengetahuan secara baik, guru juga mengajarkan adab, etika, moral, dan menjunjung nilai-nilai kebenaran. Guru adalah teladan buat kita semua," katanya.

Menurutnya, guru tidak semata-mata mengajarkan ilmu pengetahuan dan memberikan pelajaran tetapi juga membentuk karakter dan integritas peserta didik. Ia lantas menjelaskan tema 'Memaknai Kepahlawanan Tanpa Tanda Jasa bagi Generasi Milenial' artinya guru memiliki makna yang sangat penting. Sebab, guru melahirkan para calon pemimpin dan tokoh bangsa.

"Kita seperti sekarang ini adalah karena peran guru. Mereka mengajarkan pengetahuan kepada kita. Ilmu yang bermanfaat. Mereka adalah orang-orang yang mulia. Itulah posisi mulia guru dan kita harus memuliakan para guru-guru," terangnya.

Sebagaimana diketahui tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Budi menyebutkan, pada tanggal inilah Organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) juga terbentuk.

"Kita memperingati Hari Guru Nasional untuk menghargai sejarah dan perjuangan guru," ujarnya.

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia