PTM Dominasi Naiknya Kasus COVID 19, Menkes akan Temui Menteri Nadiem

Kristina - detikEdu
Senin, 15 Nov 2021 19:00 WIB
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut lonjakan kasus COVID-19 akhir-akhir ini didominasi oleh kegiatan pembelajaran tatap muka atau PTM. Pihaknya akan bertemu dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, untuk melakukan konsolidasi.

"Saya dengan Pak Nadiem akan segera melakukan konsolidasi minggu ini bagaimana kita melakukan surveilans yang aktif dan proaktif," ucap Menkes dalam konferensi pers PPKM, Senin (15/11/2021).

Berdasarkan hasil identifikasi terhadap 126 kabupaten/kota yang kembali mengalami peningkatan kasus COVID-19, selain PTM, kenaikan kasus juga disebabkan oleh takziah.

"Minggu lalu kami mengidentifikasi 126 kabupaten/kota yang naik kasusnya, beberapa di antaranya ada yang sudah 3 minggu berturut-turut naik," jelas Menkes.

"Sehingga kita melakukan pendalan dan sebagian besar kenaikannya disebabkan karena kasus positif sekolah dan takziah," sambungnya.

Sebagaimana arahan dari Presiden, Menkes berencana memperketat skrining dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Hal tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran kasus COVID-19 yang masih terus meningkat hingga kini.

Menkes juga mengingatkan potensi risiko lonjakan kasus COVID-19 jelang libur Natal dan Tahun Baru. "Kasus sudah menurun tapi kita harus ekstra waspada terutama menghadapi Nataru. Jangan sampai terjadi lonjakan berikutnya," ucap Menkes.

Berdasarkan catatan berita detikcom, (9/11/2021), salah satu sekolah penyumbang lonjakan kasus COVID-19 adalah SMKN 1 Sedayu Bantul Yogyakarta. Kasus tersebut meluas hingga ke beberapa sekolah di Kecamatan Sedayu. Hal tersebut berujung pemberhentian pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah tersebut.

(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia