Hasil Evaluasi Oke, Uji Coba PTM di Boyolali Diperluas ke Jenjang TK/PAUD

Ragil Ajiyanto - detikEdu
Jumat, 22 Okt 2021 20:00 WIB
Uji coba PTM sekolah di Boyolali
Foto: Ragil Ajiyanto
Boyolali -

Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Boyolali terus diperluas. Tak hanya jenjang SD dan SMP, kini untuk jenjang TK/PAUD juga mulai dilakukan uji coba PTM.

"Kami akan mulai perluasan (uji coba PTM) dijenjang TK/PAUD," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto, kepada wartawan di kantornya Jumat (22/10/2021).

Dijelaskan Darmanto, uji coba PTM di Boyolali sudah berjalan sejak 2 September 2021 lalu. Hasil evaluasi, tidak ada komplain maupun paparan virus Corona di satuan pendidikan. Seiring dengan peta risiko COVID-19 yang melandai dan berada di PPKM level 2, maka perluasan PTM terus dilakukan.

"Hasil evaluasi dan pantauan kami, tidak ada komplain maupun temuan paparan COVID-19. Saat ini, sudah ada 48 SMPN dari 52 SMPN yang sudah menggelar ujicoba PTM," ujarnya.

Pihaknya masih memantau progres vaksinasi dosis kedua bagi siswa di tingkat SMP. Karena sesuai instruksi bupati, vaksinasi dosis kedua menjadi syarat ujicoba PTM. Diperkirakan bulan ini, vaksinasi dosis kedua siswa SMP sudah selesai. Sehingga SMP yang belum PTM bisa diajukan minggu depan.

Sedangkan ujicoba PTM di tingkat SD saat ini telah digelar di 321 sekolah. Setelah sebelumnya hanya 56 SD inti, perluasan dilakukan pada 265 SD yang ada di tiap desa. Hal tersebut sesuai dengan izin Bupati Boyolali, M. Said Hidayat. SD yang melakukan uji coba PTM juga harus berkooridinasi dengan Satgas Desa setempat terkait kelengkapan sarana prasarana (Sarpras) protokol kesehatan serta izin PTM.

Kini, ujicoba PTM diperluas lagi untuk jenjang TK/PAUD. Sehingga saat ini hampir semua sekolah di Boyolali telah mengikuti ujicoba PTM.

"Kami juga mulai perluasan dijenjang TK/PAUD. Saat ini baru satu TK yang melaksanakan ujicoba PTM, yakni TK Pembina di Boyolali Kota. Mereka akan melakukan ujicoba dulu sampai bulan ini. Nanti kita laporkan pada Bupati, dan saya akan meminta untuk perluasan TK/PAUD formal," imbuh dia.

Sementara terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Puji Astuti, mengatakan pihaknya turut serta dalam pemantauan pelaksanaan Prokes di sekolah yang menggelar ujicoba PTM. Selain itu, koordinasi dengan Disdikbud Boyolali terus dilakukan seiring dengan penambahan sekolah peserta ujicoba PTM.

Menurut dia, sejauh ini belum ada laporan adanya keluhan atau paparan COVID-19 di sekolah.

"Kami Dinkes dan Disdikbud saling koordinasi sambil memantau perkembangan peta risiko di Boyolali," kata Puji kepada detikEdu.



Simak Video "Muncul Kasus Covid-19 di Sekolah, PTM Terbatas Tetap Dilanjutkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia