PTM Dapat Lampu Hijau, Disdikpora Gunungkidul: Masih Ada yang Belum

Pradito Rida Pertana - detikEdu
Senin, 20 Sep 2021 19:00 WIB
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai dilakukan di Siswa SMP Negeri 3 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Anak-anak tampak gembira bisa masuk sekolah lagi.
Foto: Whisnu Pradana
Gunungkidul -

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul menyebut belum semua SD-SMP di Gunungkidul menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Hal itu karena masih ada yang masuk zona merah COVID-19 hingga bangunan sekolah masih dalam perbaikan.

"Sudah 85 persen SD yang melakukan PTM," kata Kepala Bidang (Kabid) SD Disdikpora Gunungkidul Sumarto saat dihubungi wartawan, Senin (20/9/2021).

Sisanya, kata Sumarto, belum melaksanakan PTM karena sejumlah hal salah satunya lokasi sekolah masuk dalam zona merah penularan COVID-19. Namun, jika status zona sudah berubah PTM bisa langsung digelar.

"Kalau yang masih belum memulai PTM karena wilayah sekitarnya masih zona rawan penularan COVID-19," ujarnya.

Selain itu, beberapa sekolah juga terlanjur menjadwalkan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara daring. Selebihnya, pelaksanaan PTM di sekolah yang sudah memulainya dipastikan lancar.

"Sejauh ini aman menurut pantauan di lapangan," ucapnya.

Sementara itu, Kabid SMP Disdikpora Gunungkidul Kiswara mengungkapkan, saat ini hampir seluruh SMP di bumi Handayani sudah menggelar PTM. Bahkan persentasenya lebih tinggi dari jumlah SD yang menggelar PTM.

"Jadi sampai saat ini ada 90 persen (SMP) yang sudah mulai melakukan PTM terbatas di Gunungkidul," katanya.

Menyoal adanya SMP yang belum menggelar PTM, Kiswara menjelaskan karena ada beberapa hal teknis. Kendala lainnya adalah pengawasan terhadap aturan jaga jarak para pelajar.

"Beberapa belum PTM karena sebagian besar ruang kelas sedang direhabilitasi," ujarnya.

Secara rinci, dia menjelaskan bangunan sekolah yang sedang menjalani proses rehabilitasi seperti SMP Negeri 1 Paliyan, SMPN 2 Patuk, SMPN 4 Wonosari, SMPN 4 Panggang, dan SMPN 1 Girisubo. Selain itu, ada pula sekolah yang sampai saat ini masih mematangkan persiapan PTM.

"Seperti SMPN 1 Wonosari sedang memenuhi prosedur kelengkapan untuk PTM," ucapnya.



Simak Video "Observasi PTM, Mendikbud Nadiem Makarim Kunjungi Sekolah di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia