Andovi-Jovial da Lopez Ingin Bangun Sekolah di Daerah Tertinggal, Ini Alasannya

Olivia Sabat - detikEdu
Rabu, 08 Sep 2021 12:00 WIB
Artis Youtube, youtubers, vlogger, Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez. Rachman Haryanto/detikcom.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Detikers, pasti sudah gak asing dong dengan nama Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez. Ya, nama kakak-beradik ini mulai dikenal di dunia hiburan sebagai konten kreator kanal Youtube SkinnyIndonesian24.

Gak hanya menjadi konten kreator yang kreatif dan inovatif, Jovial dan Andovi ternyata punya mimpi besar untuk Indonesia, lho. Dikutip dari acara Festival Beasiswa Edutainer Nusantara (5/9/2021), Jovial dan Andovi ingin membangun sekolah di berbagai daerah tertinggal di Indonesia, nih.

Jovial mengungkapkan misinya untuk meningkatkan tingkat pendidikan Indonesia. Menurut Jovial berdasarkan hasil riset global, penduduk Indonesia hanya memiliki rata-rata Intelligence Quotient (IQ) 87. Nah, rendahnya tingkat pendidikan inilah yang menurut Jovial menjadi akar berbagai masalah di Indonesia, salah satunya kualitas dunia hiburan.

"Kita semua selalu komplain tentang kebobrokan Indonesia dari segala aspek. Kita semua cinta Indonesia, kok, tapi kita komplain karena kita tinggal di sini dan merasa ada banyak yang salah. Gue temui akar permasalahannya adalah kebanyakan penduduk kita pendidikannya rendah," ungkap Jovial.

Untuk saat ini, Jovial da Lopez dan Andovi sudah memiliki rencana konkret untuk mendirikan sekolah dasar (SD). Namun, tidak menutup kemungkinan keduanya akan membangun sekolah menengah atas (SMA). "Gue tuh pertama lagi membangun SD. Jadi, gue mulai dari dasar banget, tapi ketika uangnya mulai makin banyak, gue akan coba bikin SMA," ujar Jovial.

"Mungkin nanti akan ada SMA Da Lopez, lalu ada Universitas Da Lopez. Itu sesuatu hal yang sangat gue inginkan dalam hidup ini."

Jovial pun mengungkapkan sekolah-sekolah tersebut nantinya akan didirikan di daerah-daerah tertinggal. Sudah ada sekitar enam provinsi yang menjadi targetnya

Nah, detikers ternyata ini bukan kali pertamanya Jovial dan Andovi terjun untuk meningkatkan pendidikan Indonesia, lho. Pada 2017 lalu, da Lopez bersaudara ini sempat memberikan giveaway berupa beasiswa pembayaran tuisi kuliah di perguruan tinggi negeri, lho.

Sampai saat ini, diketahui beasiswa tersebut sudah diberikan untuk tiga siswa dari jurusan dan perguruan tinggi negeri yang beragam. Salah duanya adalah jurusan Kedokteran dan Perencanaan Wilayah dan Kota.

Itu dia alasan di balik mimpi Andovi dan Jovial da Lopez untuk membangun sekolah di berbagai daerah tertinggal di Indonesia. Kita dukung sama-sama yuk detikers!



Simak Video "Jadi Konten Kreator, Begini Cara Jovial da Lopez Mencintai Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia