Tips Raih Beasiswa dari Eks Youtuber Jovial da Lopez

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 07 Sep 2021 20:00 WIB
Artis Youtube, youtubers, vlogger, Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez. Rachman Haryanto/detikcom.
Tips meraih beasiswa dari eks Youtuber Jovial da Lopez Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bagi Youtuber Jovial da Lopez, mendapatkan beasiswa merupakan pengalaman yang menarik dan bisa menjadi kenangan tak terlupakan seumur hidup.

Alumnus Fisika Nuklir Universitas Indonesia ini menyebut tak sedikit generasi milenial berusaha dengan susah payah mengejar beasiswa untuk meningkatkan kualitas ilmu bahkan demi meraih karier yang lebih baik. Jovial dan adiknya Andovi sendiri punya program "Beasiswa Da Lopez" yang diberikan pada tiga orang mahasiswa.

"Gue sendiri adalah lulusan Fisika Nuklir di Universitas Indonesia, dan pernah belajar teater di Institut Kesenian Jakarta. Disitu gue belajar, sangat menghargai suatu beasiswa karena selain ini benefit finansial, ini bisa jadi suatu hal yang memorabilia bakal kita ingat seumur hidup," ungkap Jovial dalam Festival Edutainer seperti dalam keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Selasa (7/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Jovial juga membagi beberapa strategi bagi "pemburu" beasiswa. Berikut adalah tips mendapatkan beasiswa dari Jovial da Lopez.

1. Memperbanyak Portofolio Beasiswa

Memperbanyak portofolio dapat dilakukan dengan memanfaatkan publikasi. Menurut pemilik kanal Youtube Skinny Indonesia publikasi tersebut dapat berbentuk tulisan, karya ilmiah, hingga konten di media sosial.

"Tidak terkecuali konten Youtube, ini bisa menjadi portofolio. Yang paling penting, adalah kita punya tujuan yang lebih besar (beasiswa), dan jangan menyerah. Jangan berkarya hanya karena followers dan income," kata Jovial yang mengaku pernah berkuliah di jurusan teater Institut Kesenian Jakarta itu.

Ia juga berpesan untuk konsisten dalam berkarya. Menurutnya ketekunan adalah kunci agar seseorang bisa menguasai suatu bidang.

"Pokoknya sih kalian harus yakin, berani dan konsisten ketika membuat karya, dan perbanyak karya itu. Jangan sampai merasa berkecil hati dan malu dengan karya yang sudah kalian buat. Semua itu butuh proses dari bawah," tegas Jovial.

2. Terus Belajar dan Memenuhi Persyaratan

Tips mendapatkan beasiswa selanjutnya yaitu terus belajar. Dengan memiliki semangat terus belajar kemampuan akan semakin berkembang.

"Sebuah karya tidak akan berkembang maksimal jika kalian tidak pernah belajar. Makanya, untuk membuat karya yang luar biasa juga harus disertai dengan proses belajar yang maksimal. Apalagi untuk proses mencari beasiswa yang sangat ketat," kata Jovial.


3. Belajar Hal Baru

Selain tips dari Jovial da Costa, Niken Ambar influencer yang meraih beasiswa S2 di Malaysia juga mengingatkan pentingnya belajar di bidang-bidang selain keahlian kita dalam rangka mempersiapkan beasiswa.

Misalnya belajar bahasa Inggris, karena sebelum mendaftarkan diri di beasiswa Internasional, calon penerima beasiswa harus mendapatkan nilai IELTS minimal 5,5 atau TOEFL dengan minimal 500.

4. Memenuhi Syarat Administrasi

Memenuhi persyaratan administrasi juga merupakan hal penting.

"Syarat seperti ini, perlu dipelajari jauh-jauh hari. Karena kelengkapan data adalah hal paling penting dalam mendaftar beasiswa. Jika data tidak lengkap, maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa akan semakin kecil," terang Niken.

Selain itu memiliki kemampuan Public Speaking atau berbicara di depan public juga merupakan hal penting. Public speaking merupakan tahapan beasiswa umumnya memiliki sesi wawancara, dimana calon penerima beasiswa akan ditanya banyak hal oleh penyedia beasiswa maupun oleh pihak kampus dimana mereka akan belajar nantinya.

"Nah, ketika wawancara, teman-teman harus menceritakan tentang kemampuan diri, keinginan kuat untuk belajar, dan itu semua memerlukan public speaking yang bagus. Sehingga saat wawancara apa yang kalian sampaikan bisa dimengerti," ujar Niken.

Nah itu tadi adalah tips mendapatkan beasiswa dari Jovial. Catat dan perhatikan baik-baik ya detikers!



Simak Video "Jadi Konten Kreator, Begini Cara Jovial da Lopez Mencintai Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia