127 SD dan 28 SMP di Klaten Diuji Coba Tatap Muka, Ini Aturannya

Achmad Syauqi - detikEdu
Kamis, 02 Sep 2021 19:30 WIB
Klaten -

Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) digelar di 127 SD dan 28 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sekolah tatap muka uji coba itu merupakan tindak lanjut Instruksi Bupati dan Menteri Dalam Negeri di daerah dengan status PPKM level 3.

"Kita menindaklanjuti Inbup Klaten dan Inmendagri. Sudah ada surat edarannya," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Klaten, Wardani Sugiyanto pada detikcom, Kamis (2/9/2021) siang.

Wardani mengatakan sekolah tatap muka diizinkan setelah ada Inmendagri yang menetapkan Klaten masuk level 3. Namun, status PTM tersebut hanya uji coba. "Jadi yang dilaksanakan itu uji coba dulu. Tapi baru sebagian sekolah," ujar Wardani.

Rita, orang tua siswa SDN 1 Delanggu mengaku senang dengan diadakannya sekolah tatap muka. Sebab sudah dua tahun anaknya tidak masuk kelas.

"Ya senang sekali sebab kalau di rumah juga repot, belajar anak tidak maksimal. Kita orang tua siap dengan aturan protokol kesehatan," ungkap Rita pada detikcom di lokasi.

Sementara siswa kelas 8 SMP negeri I Delanggu, Rasya antusias menyambut kembali ke sekolah. Sebab selama pandemi ia tidak bertemu teman sekelas. "Ketemu kalau ujian tengah semester saja. Jadinya belum hapal dan kenal teman," kata Rasya pada detikcom di lokasi.

Gino orang tua Rasya juga mengaku senang. Meskipun anaknya belum divaksin, ia menyatakan hal tersebut bukan masalah bagi orang tua.

"Kan pakai masker, mau divaksin atau tidak terserah pemerintah. Yang jelas dengan masuk sekolah siswa bisa memahami pelajaran, beda dengan daring yang hanya secukupnya," kata Gino pada detikcom.

Di dalam SE dinas pendidikan Nomor 420/2697/12 dan 420/2697/12 tanggal 1 September 2021 yang didapat detikcom, PTM ujicoba hanya dilakukan tanggal 2-4 September. Uji coba dilaksanakan sejumlah 127 SD dan 28 SMP.

Jumlah kehadiran peserta didik maksimal sebesar 1/3 (sepertiga) dari kapasitas setiap kelas. Jam wajib belajar selama uji coba pembelajaran tatap muka terbatas jenjang SD dan SMP dilaksanakan pukul 08.00 - 10.00 WIB.

Peserta didik yang melaksanakan uji coba sekolah tatap muka terbatas diwajibkan memakai masker rangkap dan face shield. Siswa membawa hand sanitizer dan bekal dari rumah, dilakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan sebelum masuk kelas serta diatur jarak tempat duduk di dalam kelas.



Simak Video "Tingkah Lucu Siswa SD PTM di Parepare, Nangis-Tak Tahu Guru"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia