Asyik! SD-SMP di Kulon Progo Bakal Dapat Bantuan Laptop-Piranti Elektronik

Jalu Rahman Dewantara - detikEdu
Rabu, 18 Agu 2021 17:31 WIB
Ilustrasi laptop, laptop
Foto ilustrasi: Photo by Max Nelson on Unsplash
Kulon Progo -

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulon Progo, DI Yogyakarta, akan menyalurkan bantuan laptop dan perangkat digital penunjang pembelajaran kepada sekolah jenjang SD dan SMP di wilayah ini. Anggaran yang dikeluarkan untuk program ini mencapai lebih dari Rp 4 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)

"Itu dari DAK yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kalau kami cuma mengusulkan sekolah, sedangkan sekolah yang diberi, ditentukan oleh pusat melalui kriteria mereka," ujar Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD, Disdikpora Kulon Progo, Dorojatun Kuncoroyakti, kepada wartawan Rabu (18/8/2021).

Dorojatun mengatakan pengadaan laptop dan perangkat digital di antaranya router, konektor, proyektor dan layar proyektor itu masih dalam proses melalui e-catalog. Adapun total anggaran khusus jenjang SD mengubah DAK sebanyak Rp 1.125.000.000. Pendistribusian ini kata dia, direncanakan sebelum Desember 2021

"Pengadaan media di Kulon Progo ada 24 paket untuk SD Negeri dan satu paket hibah untuk SD Swasta. Sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk operasional (jukops), setiap SD mendapatkan 3 unit laptop, 1 unit router, 3 konektor, 3 proyektor dan 3 layar proyektor seharga Rp 5,4 juta," jelasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Pembinaan SMP, Disdikpora Kulon Progo, Jujur Santosa mengatakan untuk pengadaan media digital di jenjang SMP saat ini juga masih dalam proses. Pihaknya sedang mengkonsultasikan kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Hal ini untuk memastikan bahwa piranti yang disalurkan telah memenuhi spesifikasi teknis, tingkat komponen dalam negeri (TKDN), harga tayang dan harga negosiasi paling rendah.

"Total anggaran yang digunakan sekitar Rp 4 miliar. Untuk jenjang SMP ada sekitar 297 unit yang diperuntukkan bagi negeri dan swasta. Nantinya tidak hanya laptop saja, tetapi ada LCD, Wifi, router dan lain-lain," kata Jujur.

Untuk penyaluran di jenjang SMP pihaknya belum bisa memastikan kapan dilakukan. Namun demikian jika media tersebut sudah dikirim dari penyedia makan akan segera didistribusikan ke sekolah-sekolah dalam waktu segera.



Simak Video "Laptop Lelet Pas Baru Dinyalain? Ini Dia Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia