Mau Jadi Kreator Konten Edukasi? Yuk Daftar Akademi Edukreator, Gratis!

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 14 Jul 2021 16:18 WIB
Edukreator
Foto: Edukreator
Jakarta - Pendaftaran Akademi Edukreator Master Class sudah dibuka secara online di https://akademiedukreator.com/. Lewat platform Akademi Edukreator, kamu bisa belajar menjadi content creator edukasi atau edukreator. Kelas gratis ini dibuka untuk siswa, guru, dosen, tenaga profesional, dan umum, lho.

Akademi Edukreator adalah gerakan dan rangkaian kelas yang akan mengajarkan kamu cara bikin konten video edukasi. Rangkaian kelas ini diinisiasi oleh YouTube Kok Bisa?, YouTube Learning, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dikutip dari situs resmi Akademi Edukreator, sejak 2020, ada lebih dari 1.000 guru, pelajar, dan profesional yang belajar membuat video-video edukasi gratis berkualitas di internet Indonesia lewat Akademi Edukreator.

Ada beberapa kategori yang bisa diikuti peserta Akademi Edukreator, yaitu Akademis, Vokasi, dan Edutainment. Kamu bisa memilih kategori Akademis kalau mau membuat konten pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum sekolah SD, SMP, SMA, dan Kuliah.

Sementara itu, kamu bisa memilih kelas vokasi kalau ingin jadi kreaktor konten pembelajaran yang praktis dan berguna bagi karir dan kehidupan sehari-hari. Nah, kalau kamu mau belajar cara jadi Youtuber edukasi yang sifatnya sebagai hiburan dan pendukung atau suplemental, kamu bisa ikut kategori kelas Edutainment.

Di Akademi Edukreator, kamu akan belajar apa yang harus dilakukan YouTuber pemula hingga kreator konten yang sudah jago, mulai dari visualisasi, musik, cara promosi konten, branding, produktivitas, cara monetisasi video, ide konten, cara riset konten, teknik mengajar, cara menulis naskah, cara shooting video, dan berbagai tips memulai jadi edukreator.

Ada beberapa contoh kelas Akademi Edukreator yang bisa kamu intip di laman https://akademiedukreator.com/. Beberapa di antaranya yaitu cara cepat jago shooting untuk pemula, tips kreatif mencari ide konten, cara cepat dapat ide konten, cara membuat karakter sederhana, tips after effect yang belum banyak orang tahu, sampai cara belajar animasi dari nol.

Kelas Akademi Edukreator terdiri dari dua kelas online di Google Meet, yaitu Master Class dan Public Class. Public Class berisi materi dan diskusi. Sementara itu, Master Class berisi materi, diskusi, mentoring, dan proyek pembuatan video. Nah, kamu yang sudah daftar Master Class masih boleh daftar Public Class juga.

Kepala Hubungan Publik Asia Tenggara Google Ryan Rahardjo menuturkan, kelas-kelas online cara membuat video edukasi gratis berkualitas ini digagas karena konten video edukasi dan edukreator alias Youtuber edukasi ternyata masih sedikit di Indonesia. Padahal, data Google mendapati penayangan video terkait pendidikan naik 80 persen di Indonesia, termasuk konten sains dan humaniora.


"Januari-Februari 2020 ada 340 video di YouTube dengan keyword 'distance learning'. Rata-rata penayangan terkait tutorial seperti cara mengedit video sudah meningkat lebih dari 100 persen sejak 15 Maret 2020. Lalu video terkait knowledge, naik 80 persen di Indonesia, termasuk konten sains dan humaniora," kata Ryan dalam jumpa media, Rabu (14/7/2021).

Co-Founder dan Business Director Kok Bisa Gerald Sebastian menjabarkan, saat ini ada tiga jenis konten edukasi yang paling tinggi ditonton, yaitu konten akademik, vokasi, dan kesehatan.

"Akademis seperti mafia: matematika, fisika, kimia, lalu yang berkaitan. (Kelas Akademik) ini akan jadi satu (kategori) kelas sendiri di Akademi (Edukreator). Bukan karena PPKM aja, tapi buat tambahan. Sekarang kalau (siswa/mahasiswa) mumet, liatnya ke YouTube, misal cara menghitung pythagoras, copas soal ke YouTube atau ke Google," jelas Gerald di acara yang sama.

Ia menambahkan, konten vokasi dan konten yang bersifat praktik juga banyak dicari, seperti konten tentang motor dan perbengkelan.

"Tutorial masak dan bercocok tanam jadi salah satu yang tertinggi ditonton. Ini skill yang sangat menghasilkan buat masa PPKM, siswa SMK bisa jualan kripik, berguna untuk diri sendiri dan orang lain," katanya.

Gerald menjelaskan, konten tentang tema kesehatan juga banyak dicari karena banyak orang ingin fact-checking atau mengecek fakta pada sebuah informasi. "Dorong audiens untuk gali lagi konten yang berhubungan dengan COVID-19, jadi gali kebenaran dan yang terpenting yaitu membentuk pola pikir buat enggak langsung percaya (dengan informasi yang diterima)," jelasnya.


Jadwal Akademi Edukreator Master Class

Batch Akademis | 8-10 Oktober 2021

Batch Vokasi | 22-24 Oktober 2021

Batch Edutainment | 5-7 November 2021


Jadwal Akademi Edukreator Public Class


Batch 1 Akademis | 24 Juli 2021

Batch 1 Vokasi | 7 Agustus 2021

Batch 1 Edutainment | 21 Agustus 2021

Batch 2 Akademis | 4 September 2021

Batch 2 Vokasi | 18 September 2021

Batch 2 Edutainment | 2 Oktober 2021

Health | 12-14 November 2021

*Jadwal masih dapat berubah sewaktu-waktu dalam kondisi tertentu

Pendaftaran Public Class akan dibuka 1-2 minggu sebelum hari H.

Gimana detikers, mau belajar jadi kreator konten video edukasi di Akademi Edukreator?



Simak Video "BLACKPINK Jadi Artis dengan Subscriber YouTube Terbanyak di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia