Jumlah Lowongan CPNS 2021 Jatim Tambah, Berikut Penjelasannya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 01 Jul 2021 07:07 WIB
Tes CPNS Pemkab Blitar Gugur
Foto: Erliana Riady/Jumlah Lowongan CPNS 2021 Jatim Tambah, Berikut Penjelasannya
Jakarta - Lowongan CPNS 2021 Jatim atau Jawa Timur bertambah sesuai ketentuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Sekitar 18 formasi tersedia bagi yang ingin menjadi abdi negara.

"Khusus untuk Jatim, Kemenpan-RB melakukan perubahan dengan memberi tambahan kuota CPNS dari yang semula 1.390 formasi menjadi 1.408 formasi," tulis Pemerintah Provinsi Jawa Timur di akun Instagramnya @jatimpemprov dilihat detikcom pada Rabu (30/6/2021).

Berikut rincian formasi lowongan CPNS 2021 Jatim:

  • 1.365 formasi umum
  • 28 formasi disabilitas
  • 15 formasi cumlaude.

Total 1.408 lowongan CPNS 2021 Jatim terbagi juga atas:

  • Tenaga Kesehatan : 665 formasi
  • Tenaga Teknis : 743 formasi

Pemprov Jatim menyatakan, semua proses pendaftaran lowongan CPNS 2021 dilakukan secara online. Pendaftar bisa klik di https://sscasn.bkn.go.id/ untuk info lebih detail seputar CPNS 2021 Jatim dan seluruh Indonesia.

Kesempatan pendaftaran lowongan CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka pada 30 Juni-20 Juli 2021. Persaingan dalam seleksi CPNS dan PPPK akan berlangsung transparan dan mudah.

Selain formasi CPNS 2021, Pemprov Jawa Timur menyediakan 12.088 lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Total lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN) Jatim mencapai 13.496 formasi.

Bagi pelamar CPNS 2021 Jatim dan PPPK Guru tentunya harus memenuhi syarat umum yang telah ditetapkan. Info detail bisa dilihat di situs Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur.

Syarat umum lowongan CPNS 2021, PPPK Guru, dan PPPK Non Guru Jatim:

1. Setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi Pegawai ASN

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis

5. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar

6. Pelamar dapat melamar pada satu jenis jalur kebutuhan ASN yaitu PNS atau PPPK, pada tahun anggaran yang sama

7. Pelamar hanya dapat melamar pada satu instansi dan jabatan

8. Dalam hal pelamar diketahui melamar lebih dari satu instansi dan atau satu jenis jabatan dan atau jenis jalur kebutuhan PNS atau PPPK atau
menggunakan dua Nomor Induk Kependudukan yang berbeda, pelamar dinyatakan gugur dan atau dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan
perundang-undangan.

Dengan lowongan CPNS 2021 Jatim yang bertambah plus PPPK Guru dan PPPK Non Guru, peluang lolos seleksi makin besar. Semoga semua pendaftar CPNS 2021 beruntung dan bisa mengisi lowongan tersebut.

Simak Video "252 CPNS Didiskualifikasi karena 'Main Mata' dengan BKN"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia