Kudus Masih Zona Merah, Bupati Belum Izinkan Pembelajaran Tatap Muka

Dian Utoro Aji - detikEdu
Senin, 28 Jun 2021 18:36 WIB
Bupati Kudus HM Hartopo, Selasa (25/5/2021).
Kudus Masih Zona Merah, Bupati Belum Izinkan Pembelajaran Tatap Muka (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus - Bupati Kudus HM Hartopo belum memperbolehkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pada tahun ajaran 2021-2022. Hal tersebut dilakukan melihat kondisi Kudus yang saat ini masih berstatus zona merah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Tahun ajaran baru sementara ini kayaknya belum (belum diperbolehkan menggelar PTM), kalau saya lihat sinyal seperti ini belum boleh," kata Bupati Kudus HM Hartopo kepada wartawan di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (28/6/2021).

Hartopo mewanti-wanti agar sekolah menaati peraturan yang ada. Dia pun meminta agar pelaksanaan daftar sekolah juga dilakukan secara daring. Mengingat kondisi Kudus masih zona merah COVID-19.

"Ya mungkin daftar ulang, secara online kan bisa tidak tatap muka," jelasnya.

Terpisah Kasi Kurikulum Dikdas Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Kudus, Afri Sofianingrum mengatakan pihaknya tengah menyiapkan protokol kesehatan untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada tahun ajaran 2021-2021. Menurutnya sekolah yang diperbolehkan melaksanakan PTM hanya di daerah yang zona hijau. Itu pun harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Sebenarnya dari kementerian sudah diminta ya (untuk PTM), tapi seperti kemarin kita diperbolehkan di zona kuning dan hijau. Ini kayaknya hanya di zona hijau saja untuk saat ini, kembali diperketat zona hijau saja," jelas Afri kepada wartawan.

"Kami tetap persiapan, semoga kita semakin ketat diprokes kita nanti pada saatnya zona hijau, kita bisa ke PTM tatap muka terbatas. Artinya pasti ada shift, seminggu sekali atau dua kali pertemuan dan syaratnya harus (zona) hijau dulu," sambung dia.

Dia mengungkapkan sekolah tingkat SD dan SMP se-Kudus saat ini memasuki pendaftaran siswa baru. Menurutnya sekolah saat ini tengah menggelar pendaftaran ulang yang akan digelar mulai Selasa (29/6) dan Rabu (30/6).

"Hari ini pengumuman untuk SD dan SMP dan besok daftar ulang tanggal 29 dan 30 Juni 2021. Karena kita masih pandemi kita harus memastikan protokol kesehatan jalan, seperti antisipasi kerumunan dan berjaga jarak dan seterusnya. Karena itu sudah kita minta sekolah untuk melaksanakan daftar ulang dengan prokes," tambah Afri.



Simak Video "Ajakan Iba Kades di Kudus Keliling Imbau Warga Taat Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia