Kahiyang Ayu Diangkat Jadi Bunda Literasi Kota Medan, Ini Tugasnya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Minggu, 27 Jun 2021 17:00 WIB
Kahiyang Ayu Diangkat Jadi Bunda Literasi Kota Medan, Ini Tugasnya
Foto: Perpusnas/Kahiyang Ayu Diangkat Jadi Bunda Literasi Kota Medan, Ini Tugasnya.
Jakarta - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menunjuk putri tunggal Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu Bobby Afif Nasution sebagai Bunda Literasi Kota Medan. Kahiyang akan mengemban tugas ini pada 2021-2026.

"Kehadiran Bunda literasi ini bisa menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun sumber daya manusia di Kota Medan," kata Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando.

Dikutip dari situs Perpusnas, Bunda Literasi bertugas mempromosikan dan meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. Tugas lain adalah membangun kepedulian terhadap perpustakaan di tempatnya bertugas.

Terkait kegemaran membaca, Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utama Hasyim Purba mengatakan budaya ini sangat penting. Budaya membaca adalah tabungan masa depan yang berperan penting dalam kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Membaca jangan dianggap sepele, karena ini menjadi investasi masa depan. Saya berharap tanggung jawab untuk memajukan literasi masyarakat ini menjadi tanggung jawab bersama," kata Hasyim.

Hasyim mengusulkan pelaksanaan jam wajib dan wisata baca di perpustakaan bagi siswa sekolah. Menurut Hasyim usul ini bisa dilakukan karena perpustakaan sudah bersifat digital, bukan lagi konvensional. Siswa tentu bisa mengunjungi langsung perpustakaan bersama orang tuanya.

Perpusnas selalu membangun kerja sama dengan elemen pendidikan di seluruh Indonesia. Syarif Bando mengatakan, sinergi ini untuk melaksanakan menjabarkan visi Jokowi tahun 2020-2024 tentang upaya peningkatan kualitas SDM menuju Indonesia maju.

Perpusnas berharap bisa terus hadir dan mendorong perbaikan SDM di semua lini. Kualitas SDM nantinya dibuktikan dengan penguasaan iptek serta karakter inovatif, kreatif, dan kemampuan menciptakan pekerjaan.

Simak Video "Kapolri Minta Polisi Humanis Sikapi Warga Beraspirasi saat Kunker Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia