Khusus PPDB Yogyakarta, Nilai ASDP Bisa Digunakan Seleksi Masuk SMA

Heri Susanto - detikEdu
Senin, 21 Jun 2021 13:17 WIB
Sebanyak 10 sekolah setingkat SMA dan SMK di Provinsi D. I. Yogyakarta mulai melaksanakan uji coba sekolah tatap muka. Salah satunya di SMK Negeri 1 Kota Yogyakarta.
Uji coba sekolah tatap muka di Yogyakarta Foto: PIUS ERLANGGA
Yogyakarta - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB DI Yogyakarta 2021 jenjang SMA/SMA punya alat seleksi yang berbeda dengan daerah lain. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY memberlakukan penggunaan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASDP).

"Jika seleksi zonasi, masih sama, akan digunakan penilaian empat mata pelajaran (Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris), jika masih sama menggunakan ASDP," kata Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya, Senin (21/6/2021).

Didik menjelaskan, penggunaan ASDP ini memang membedakan dengan provinsi lain. Sebab, hanya di DIY yang melaksanakan ASDP untuk siswa SMP. "Itu digunakan jika seleksi zonasi, nilai empat mata pelajaran sama. Baru ASDP yang digunakan," jelasnya.

Seperti dikutip dari situs web SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tujuan diadakannya ASPD yaitu untuk memetakan mutu pendidikan di DIY dan sebagai alat seleksi masuk SMA/SMK negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta.

ASPD ini berbeda dengan Ujian Nasional karena ASPD tidak menentukan kelulusan peserta didik. Akan tetapi, sebagai alat seleksi ketika mendaftar di SMA/SMK negeri karena standarisasi penentuan nilai rapor tiap sekolah jenjang SMP yang berbeda.

Selain itu, ASDP juga ditujukan bagi siswa lulusan luar DIY dan siswa lulusan DIY tahun 2020 yang ingin mengikuti PPDB SMA dan SMK Negeri di DIY Tahun 2021.

Mata pelajaran yang diujikan pada ASPD terdiri atas 4 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Untuk proses seleksi PPDB SMA/SMK di DIY dimulai Senin (21/6) sampai Kamis (24/6) dimulai pengajuan akun. Setelah mendapatkan akun, tanggal 28-30 Juni dilakukan proses pemilihan sekolah.

"Mulai hari ini pendaftaran akun. Setelah mendapatkan akun diaktivasi. Kemudian memilih sekolah pada 28 Juni. Tanggal 2 Juli, hasil seleksinya," katanya.

Ia mengungkapkan, untuk PPDB SMA/SMK tahun ini, memperebutkan 32 ribuan kursi. Dari total lulusan di DIY yang mencapai 52 ribuan siswa. "Kalau lulusan ada 52 ribuan yang akan memperebutkan 32 ribuan kursi SMA/SMK negeri di DIY," katanya.

PPDB DIY juga ada tiga jalur khusus. Diantaranya, jalur seni, jalur olahraga, dan jalur inklusi.

Simak Video "Polda DIY Kirim 100 Tabung Oksigen ke RSUP dr. Sardjito"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia