Nadiem Makarim Rilis Panduan Belajar untuk SD, SMP, dan SMA di Masa Pandemi

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 02 Jun 2021 14:30 WIB
Nadiem Makarim
Foto: Dok. Kemendikbudristek/Nadiem Makarim Rilis Panduan Belajar untuk SD, SMP, dan SMA di Masa Pandemi
Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim merilis panduan belajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Pauddikdasmen) di masa pandemi COVID-19. Panduan tersebut diharapkan bisa mempermudah pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

"Saya pikir kita semua memang membutuhkan panduan operasional untuk mempermudah melaksanakan PTM terbatas sebagai turunan SKB 4 menteri yang telah disepakati," ungkap dia dalam peluncuran Panduan Pembelajaran Pauddikdasmen via zoom, Rabu (2/6/2021).

Lebih lanjut, Nadiem menjelaskan bahwa saat ini masih banyak sekolah yang tidak memberikan opsi belajar tatap muka terbatas. Padahal, pihaknya telah menawarkan opsi bagi daerah dengan zona hijau, serta para guru dan tenaga pendidik yang telah melakukan vaksinasi.

"Sampai hari ini saya masih sering membaca dan mendengar keluhan anak-anak di media sosial yang ingin PTM segera dimulai. Ini menunjukan masih banyak sekolah yang masih belum memberikan opsi PTM terbatas. Kami sebenarnya telah menyarankan kepada satuan pendidikan yang berada di zona hijau dan guru dan tenaga kependidikan yang sudah divaksin untuk segera melaksanakan ptm terbatas," terangnya.

Nadiem menegaskan bahwa pelaksanaan PTM terbatas harus dilakukan demi masa depan generasi muda yang lebih baik. Pasalnya, pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki risiko pada kemampuan belajar para peserta didik.

"Kami paham kekhawatiran orang tua guru dan tenaga pendidik terbaik kesehatan dan keselamatan anak. Tapi kita harus mengingat risiko yang telah disampaikan oleh Dirjen GTK kalo nggak memulai PTM terbatas, dan mengingat dampak panjangnya (learning loss)," imbuh mantan bos Go-Jek ini.

Nadiem pun berharap agar panduan belajar untuk jenjang SD, SMP, dan SMA ini bisa digunakan oleh para guru serta tenaga kependidikan selama PTM terbatas di masa pandemi COVID-19.

"Oleh karena itu, kami berharap panduan ini dapat dipelajari dengan seksama dan diterapkan sebaik mungkin dan akan mengingatkan pentingnya kolab semua pihak dalam pelaksanaan ptm terbatas," jelasnya.

Senada dengan itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik peluncuran panduan belajar Pauddikdasmen. Dengan begitu, ia berharap para peserta didik dan guru bisa segera melaksanakan pembelajaran secara efektif.

"Saya tidak memungkiri, terutama adanya peserta didik yang mengalami kendala belajar dari rumah. Oleh karena itu saya menyambut baik dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang menyusun panduan Pauddikdasmen," tutup dia

Simak Video "Pemerintah Siapkan Rp 17 T Beli Laptop Lokal, Ini Penjelasan Nadiem"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia