Terkait Contoh Soal PPPK 2021 yang Beredar, Ini Kata BKN

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 24 Mei 2021 13:45 WIB
Guru mengajar anak berdoa pada hari pertama proses belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri Garot, Desa Ketapang, Kecamatan Darui Imarah, Kabapaten Aceh Besar, Aceh, Rabu (23/9/2020). Sebagian sekolah di daerah itu mulai melaksanakan aktivitas belajar mengajar tatap muka dengan membatasi jumlah murid dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa/aww.
Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA/Terkait Contoh Soal PPPK 2021 yang Beredar, Ini Kata BKN
Jakarta - Contoh soal PPPK 2021 banyak beredar di internet. Tak hanya materi soal, terdapat pula pembahasan lengkap jawabannya. Namun, bagaimana respons Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait hal ini?

BKN sendiri merupakan penyelenggara seleksi ujian CPNS serta PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Sehingga, semua pelaksanaan dibawah tanggung jawab BKN.

Dihubungi detikEdu, Direktur Status dan Kependudukan Kepegawaian BKN Paryono mengatakan bahwa pihaknya tidak mengeluarkan kisi-kisi atau contoh soal PPPK 2021. Sehingga contoh soal yang beredar bukan resmi dari pihaknya.

"Nggak ada (contoh soal PPPK 2021)," terang dia.

Bahkan, BKN tidak akan mengeluarkan kisi-kisi atau contoh soal PPPK 2021 kepada publik. Namun, ia tidak melarang masyarakat belajar dari soal PPPK 2021 pdf.

"Kalau kami tidak akan mengeluarkan kisi-kisi. Jadi, kalau ada yang beredar ya silakan saja dipelajari," tegas Paryono.

Sementara itu, tahun ini kuota PPPK 2021 untuk guru honorer adalah 1.002.616. Formasi untuk guru honorer tersebut dibuka di tingkat provinsi dan kabupaten-kota.

Adapun, rincian PPPK formasi guru 2021 adalah sebagai berikut:

  • Tingkat Provinsi

-Guru BK
-Guru TIK
-Guru Matematika
-Guru Panjaorkes
-Guru Seni Budaya

Tingkat Kabupaten-Kota


-Guru Kelas
-Guru Panjaorkes
-Guru BK
-Guru TIK
-Guru Agama Islam

Detikers, semangat belajar kisi-kisi soal PPPK 2021 Kemendikbud ya!

Simak Video "Pemerintah Buka Lowongan Sejuta Guru PPPK, Simak Persyaratannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia