PPDB Jakarta 2021 Beda dari Tahun Sebelumnya, Ini Penjelasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 21 Mei 2021 07:00 WIB
Orang tua murid melakukan pengaduan di Posko PPDB SMKN 27, Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2020). Hari ini adalah tahap akhir dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2020. Tahap akhir ini dibuka untuk mengisi kuota yang masih belum terisi oleh jalur zonasi hingga prestasi.
Foto: Agung Pambudhy/PPDB Jakarta 2021 Beda dari Tahun Sebelumnya, Ini Penjelasannya
Jakarta -

Penerimaan Peserta Didik Baru Jakarta (PPDB) 2021 memiliki beberapa perbedaan dari tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah saat dihubungi oleh detikEdu pada Rabu (19/5/2021).

"Perbedaannya pertama untuk tahun ini dari sisi regulasi berdasarkan peraturan gubernur kalau tahun lalu kan hanya peraturan kepala dinas. Sekarang Peraturan Gubernur no 32 tahun 2021. Jadi semua regulasi ini berdasarkan Peraturan Gubernur. Ini juga merupakan arahan dari Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) terutama dari direktorat otonomi daerah," ujar Taga.

Hal tersebut dilakukan agar setiap peraturan yang berkaitan dengan masyarakat umum dibuat dengan berdasarkan peraturan gubernur.

"Kedua lebih mendekatkan dengan tempat tinggal. Dengan memunculkan zona prioritas satu zona RT, sekolah dengan RT sekitar sekolah. Ketiga untuk tahun ini dikhususkan untuk calon peserta didik dari Jakarta saja," ujar Taga.

Lebih lanjut Taga juga menyampaikan bahwa PPDB Jakarta 2021 terdapat jalur baru.

"Jalur yang dilaksanakan pertama kali adalah jalur prestasi lalu disusul jalur afirmasi, zonasi, dan untuk jalur pindah tugas orang tua dan anak guru berlangsung dari awal sampai akhir PPDB," kata Taga.

Taga juga menjelaskan alasan PPDB difokuskan kepada anak Jakarta karena daya tampung atau kursi yang tersedia di sekolah negeri tidak mencukupi untuk anak Jakarta.

"Jadi yang tersedia kursinya itu untuk lulusan anak Jakarta saja nggak cukup menampung. Kalau ditambahin anak daerah, kan itu anak Jakarta kasian. Jadi istilah memang sudah kewajiban dari pemerintah daerah untuk melayani pendidikan buat warganya," terang Taga.

Mengenai peraturan baru PPDB Jakarta 2021, Taga mengungkapnya tentu ada pro dan kontra. "Pro kontra dimana-mana pasti ada tapi ya kita sudah melakukan berbagai macam kajian yang cukup panjang baik buruknya. Kita mencoba PPDB Jakarta 2021 berfokus untuk anak Jakarta gitu," ujar Taga.

Berikut Alur PPDB DKI Jakarta 2021:

- Mengajukan akun di web https://ppdb.jakarta.go.id

- Aktivasi token

- Memilih sekolah yang dituju

- Proses seleksi

- Pengumuman

- Lapor diri CPBD yang lolos seleksi

Info lebih lanjut mengenai PPDB DKI Jakarta 2021 https://www.detik.com/tag/ppdb-jakarta dapat diakses di https://ppdb.jakarta.go.id.



Simak Video "Disdik DKI Tambah Kuota PPDB Jalur Zonasi RW"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia