Hari Pendidikan Nasional 2021: Upacara Tampilkan Baju Adat Nusantara

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 02 Mei 2021 13:30 WIB
Upacara Hadiknas 2021 (Tangkap layar TV Edukasi)
Foto: Upacara Hadiknas 2021 (Tangkap layar TV Edukasi)
Jakarta - Hari Pendidikan Nasional 2021 diperingati hari ini (2/05/2021) dan dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim serta ratusan guru dan murid berprestasi dari seluruh Indonesia.

Hardiknas yang diangkat di tahun 2021 adalah 'Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar'. Upacara Hari Pendidikan Nasional 2021 ini diadakan secara daring dan luring.

Menariknya, baik peserta yang mengikuti upacara secara luring maupun daringmenggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di seluruh Nusantara dengan tetap menerapkan norma kepantasan.

Upacara ini juga diikuti oleh perwakilan para guru berprestasi sebagai tamu undangan Hari Pendidikan Nasional.

Secara daring, upacara Hardiknas 2021 dihadiri oleh 98 guru dan tenaga pendidikan berprestasi dari seluruh Indonesia, pemenang Kemah Budaya Kaum Muda 2020, 53 guru dan anak Agen Antikorupsi, dan para duta bahasa dan pengajar Bahasa Indonesia 2020, 40 orang duta Rumah Belajar 2020, serta siswa dan mahasiswa Indonesia berprestasi lainnya.

Upacara Hardiknas 2021 ini diadakan dengan memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 dan juga disiarkan melalui kanal YouTube resmi Kemendikbud RI.

Dalam upacara tersebut, Nadiem menyebutkan bahwa di tengah pandemi ini, orang tua sekaligus menjalankan peran ganda di tengah pandemi. Ia juga berpesan pada para hadirin untuk bangkit dan pulih serta 'Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar'.

Sebagai penutup,upacara Hardiknas 2021 menghadirkan orkestra yang menampilkan berbagai lagu daerah serta lagu bertemakan pelajar.

Orkestra ini ditampilkan oleh siswa-siswi berprestasi di bidang musik dari berbagai daerah. Beberapa lagu yang ditampilkan orkestra tersebut adalah Wajib Belajar, Pelajar Pancasila,Bolelebo, Jujur Itu Juara, dan sebagainya.



Simak Video "4 Upaya Perbaikan Sistem Pendidikan RI yang Terus Diupayakan Nadiem"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia