Prapendaftaran PPDB Jakarta Dibuka, Ayo Mulai Daftar Sekolah!

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 11 Jun 2020 07:37 WIB
Pasar Jatinegara jadi salah satu lokasi yang sempat terendam banjir beberapa waktu lalu. Kini aktivitas perdagangan di pasar itu kembali sibuk usai banjir surut.
Gambar ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Hari ini adalah hari pertama pembukaan prapendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI Jakarta. Prapendaftaran adalah tahapan pertama sebelum Anda mendaftarkan sekolah. Segera akses situs resmi PPDB Jakarta.

Hari Kamis (11/6/2020) ini, pihak pendaftar sudah bisa melakukan prapendaftaran di situs ppdb.jakarta.go.id. Prapendaftaran dibuka sampai pada 3 Juli mendatang.

"Operator akan melakukan verifikasi pengajuan akun bagi yang wajib ikut Prapendaftaran pada Jam 7:30 s/d 16:00 setiap hari Senin-Sabtu," demikian bunyi pemberitahuan yang terpampang di situs PPDB saat pertama kali diakses detikcom, pagi ini.

Prapendaftaran dibuka setiap hari, kecuali hari Minggu dan hari libur nasional.

Ada beberapa kategori calon peserta didik baru yang harus melakukan prapendaftaran, yakni:

1. Bertempat tinggal di Jakarta berdasarkan kartu keluarga (KK) dan bersekolah di luar Jakarta. Bertempat tinggal di luar Jakarta berdasarkan KK dan bersekolah di Jakarta.
2. Bertempat tinggal di luar Jakarta berdasarkan KK dan bersekolah di luar Jakarta.
3. Bertempat tinggal di luar DKI Jakarta berdasarkan KK dan bersekolah di luar DKI Jakarta.
4. Lulusan tahun sebelumnya (paling lama dua tahun).
5. Berasal dari satuan pendidikan kerja sama (SPK).
6. Berasal dari sekolah asing dengan melampirkan surat rekomendasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta mengikuti seleksi penyetaraan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan selama masa PPDB.

Prapendaftaran dilakukan dengan cara mengunggah (upload) foto atau hasil pindai dokumen asli sebagai persyaratan. Apa saja dokumen yang harus diunggah?

Simak video 'DKI Sediakan Kuota 40% untuk Siswa Baru Lewat Jalur Zonasi':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia