Ketahui Keuntungan Kuliah di STAN, Kuliah Gratis-Berpeluang Besar Jadi CPNS!

Ketahui Keuntungan Kuliah di STAN, Kuliah Gratis-Berpeluang Besar Jadi CPNS!

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 30 Nov 2022 12:20 WIB
pkn stan
Foto: Humas PKN STAN
Jakarta -

Indonesia memiliki sejumlah sekolah kedinasan, salah satunya PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Biasanya, perguruan tinggi yang berada di bawah naungan kementerian atau lembaga pemerintah ini jadi incaran banyak siswa setiap tahunnya.

Sesuai dengan namanya, mahasiswa akan dibekali dengan ilmu pada bidang akuntansi dan keuangan negara. Untuk program studi (prodi) tahun ajaran 2022-2023, Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto Ak, MAcc, MBA, PhD menuturkan STAN hanya membuka 3 prodi untuk calon mahasiswa.

Ketiga prodi itu ialah Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan Negara, dan Manajemen Aset Publik. Menurutnya hal itu dilakukan untuk merombak dan menyederhanakan ilmu apa saja yang penting di keuangan negara, seperti dikutip dari arsip berita detikEdu.

Adapun mengenai tahapan seleksi masuk STAN, mengacu pada Syarat Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN 2022 terbagi ke dalam tiga tahap seleksi, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi lanjutan.

Nah, bagi detikers yang tertarik untuk mengenyam pendidikan tinggi di PKN STAN, ada sejumlah benefit yang didapatkan nantinya setelah menjadi mahasiswa STAN. Merangkum dari catatan resmi FAQ SPMB PKN STAN, berikut keuntungan kuliah di STAN.

4 Keuntungan Kuliah di STAN

1. Biaya Kuliah Gratis

Keuntungan yang pertama yaitu mahasiswa bisa berkuliah gratis! Pada laman SPMB PKN STAN disebutkan bahwa mahasiswa yang masuk melalui program reguler atau program afirmasi dari lulusan SMA atau sederajat, seluruh biaya pendidikan di PKN STAN akan ditanggung oleh negara melalui APBN.

2. Berpeluang Besar Jadi CPNS

Keuntungan lainnya ialah lulusan STAN akan diangkat menjadi CPNS. Lulusan prodi Diploma IV (D4) dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian atau lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah. Ini sesuai dengan formasi atau kebutuhan yang tersedia pada tahun tersebut.

3. Fasilitas Asrama

Selanjutnya, keuntungan yang akan diperoleh oleh mahasiswa STAN yakni fasilitas asrama. Penyelenggara pendidikan akan diasramakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN STAN.

4. Berpeluang Kerja di Kementerian Keuangan

STAN jadi kampus tujuan yang cocok bagi detikers yang tertarik bekerja di Kementerian Keuangan. Tentunya, berkuliah di STAN diharapkan bisa berguna bagi bangsa dan negara, terlebih dari segi fasilitas dan kecakapan dosen sudah memadai, menjadikan kualitas lulusan STAN tidak perlu dipertanyakan lagi.

Nah, itulah sejumlah keuntungan berkuliah di STAN. Tertarik mendaftar detikers?



Simak Video "Marvel Entertainment Bakal Rilis Film Dokumenter Stan Lee"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia