Duh! 87% Mahasiswa RI Salah Pilih Jurusan, Ini Cara Atasinya

Duh! 87% Mahasiswa RI Salah Pilih Jurusan, Ini Cara Atasinya

Angga Laraspati - detikEdu
Rabu, 19 Okt 2022 10:18 WIB
Ilustrasi Kampus Belajar
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Setiap calon mahasiswa pastinya tak mau masuk ke jurusan yang salah dan harus mengulang tes agar bisa masuk ke jurusan yang sesuai minat dan bakat. Oleh karena itu proses memilih jurusan ketika akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mejadi momen yang penting bagi para calon mahasiswa.

Jurusan yang tepat akan membawa mahasiswa mencapai prestasi terbaik hingga akhirnya lulus dan siap mengejar karier impian. Namun, berdasarkan data yang disebutkan oleh Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., CGA., terdapat 87% mahasiswa di Indonesia yang salah memilih jurusan.

Untuk menghindarinya, maka siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat dapat mempertimbangkan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya.

Agar tak nyasar ke jurusan yang salah, calon mahasiswa pun dapat memanfaatkan Tes Minat Bakat (TMB) yang tersedia untuk membantu dalam menemukan minat dan bakat serta kesesuaian dengan suatu jurusan. Berikut penjelasan singkat dan bagaimana cara mengikuti Tes Minat Bakat.

Apa itu Tes Minat Bakat?

Tes minat bakat merupakan serangkaian tes analisa untuk mengetahui potensi apa yang paling khas dari setiap pribadi calon mahasiswa. Biasanya tes ini terdiri dari serangkaian pertanyaan yang akan digunakan untuk menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat, dan kepribadian siswa terhadap suatu bidang atau jurusan tertentu.

Apa Manfaat Tes Minat Bakat?

Tes Minat Bakat dapat membantu calon mahasiswa untuk mengetahui jurusan atau program studi apa yang cocok ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Calon mahasiswa pun dapat menyadari minat dan bakat yang dimiliki, dan dipercaya akan dapat lebih percaya diri dalam menjalani dinamika kehidupan kampus, serta memiliki daya juang, dan semangat untuk menyelesaikan pendidikan dengan hasil maksimal.

Kesesuaian minat bakat dengan jurusan yang dikombinasikan dengan kualitas pendidikan unggul dari sebuah universitas akan mendorong dan mengoptimasi kemampuan calon mahasiswa selama kuliah nanti. Hasilnya, mereka akan menjadi lulusan yang siap bekerja di dunia profesional.

Untuk itu Tes Minat Bakat menjadi awal yang sangat penting untuk membantu calon mahasiswa memilih jurusan yang tepat.

Bagaimana Cara mengikuti Tes Minat Bakat?

Banyak lembaga atau institusi yang menyediakan layanan Tes Minat Bakat. Hal yang membedakannya, apakah hasil yang diberikan mampu menjelaskan secara detail dan tepat sasaran. Seringkali untuk mendapatkan penjelasan lengkap dan jasa konsultasi lanjutan, calon mahasiswa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Salah satunya universitas swasta Universitas Pelita Harapan (UPH) memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti Tes Minat Bakat secara daring.

Kamu akan mendapatkan hasil dengan penjelasan yang sangat mudah dipahami untuk membantumu memilih jurusan yang ada di UPH. Selain itu, kamu juga dapat melanjutkan konsultasi terkait jurusan tersebut dengan tim Student Consultant UPH. Untuk mengikutinya, kamu bisa klik tautan berikut ini.

UPH hadir memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa, bukan hanya dari sisi pendaftaran melainkan juga melalui program dan kegiatan yang dapat membantu para siswa SMA untuk menemukan jurusan yang tepat.

Kampus Universitas Pelita HarapanKampus Universitas Pelita Harapan Foto: dok. Universitas Pelita Harapan

Bagi kamu yang masih SMA kelas 12, jangan ragu untuk bergabung bersama UPH dengan memanfaatkan berbagai promo potongan biaya uang pangkal dan program beasiswa.

Untuk informasi lebih lengkap, dapat menghubungi Student Consultants UPH di 0811-1709-901 atau dapat langsung mendaftar di sini. UPH akan menjadi tempat yang tepat bagi mahasiswa untuk menjadi 'The Great Achiever'!



Simak Video "Ombudsman Terima Laporan Kasus Kecelakaan Hasya, Ini Proses Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia