Prospek Kerja, Gaji, dan Jurusan Paramedik Veteriner: Cocok buat Pecinta Hewan!

Prospek Kerja, Gaji, dan Jurusan Paramedik Veteriner: Cocok buat Pecinta Hewan!

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 05 Okt 2022 13:09 WIB
A Saudi youth brings his cat to
Ilustrasi prospek kerja, gaji, dan jurusan paramedik veteriner. Foto: REUTERS/Ahmed Yosri
Jakarta -

Detikers pernah mendengar tentang jurusan paramedik veteriner? Bidang ini cocok untuk kalian yang suka dengan beragam tingkah lucu hewan lho.

Prospek kerja bidang paramedik veteriner pun terbuka luas mulai dari sektor penelitian, industri, hingga usaha mandiri. Nah, yuk kenalan seperti apa prospek dan pendidikannya!

Mengenal Bidang Paramedik Veteriner

Mengutip dari laman akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, perawat hewan atau medik veteriner adalah seorang ahli di bidang paramedik veteriner. Kompetensi yang dimilikinya berupa pencegahan, memeriksa, mengobati, dan merawat hewan supaya bebas dari penyakit.

Peran seorang perawat hewan adalah melakukan pencegahan berbagai penyakit hewan yang bisa menular ke manusia atau zoonosis. Perawat hewan juga berperan meningkatkan kesejahteraan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner. Para perawat tersebut akan memberikan vaksin kepada hewan dalam rangka mencegah penularan kepada manusia.

Jurusan Paramedik Veteriner

Ada beberapa jurusan yang bisa dipilih jika ingin menggeluti bidang paramedik veteriner. Di sekolah menengah kejuruan, ada jurusan peternakan.

Kemudian, di perguruan tinggi vokasi terdapat jurusan paramedik veteriner, peternakan, atau budidaya perikanan yang dapat dilirik.

Prospek Kerja dan Gaji Paramedik Veteriner

Peluang kerja paramedik veteriner tersedia di dinas kesehatan hewan, peternakan, kelautan, perikanan, kehutanan, rumah sakit, atau juga klinik kesehatan dan karantina hewan. Sementara, profesi yang digeluti bisa sebagai pengawas pelayanan kesehatan hewan.

Tak hanya itu saja, lulusan paramedik veteriner dapat bekerja di balai penelitian veteriner, industri makanan hewan, industri obat hewan, industri pakan ternak, industri vaksin, pet shop, kebun binatang, konservasi satwa, taman safari, atau pabrik pengolahan hasil ternak. Pada bidang wirausaha pun ada beberapa tujuan yang dapat dicoba, misalnya penitipan hewan, salon hewan, bahkan mengelola usaha distributor obat hewan atau peternakan sendiri.

Pada bidang ini, gaji yang didapat bisa berkisar antara Rp 2,7 juta sampai Rp 6,4 juta per bulan.

Bagaimana detikers? Tertarik menggeluti jurusan atau bidang paramedik veteriner?



Simak Video "Evakuasi Bayi di Tengah Kobaran Api Kapal Terbakar di Kupang"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia