Siswa SMA Bisa Coba Kuliah di UI Lewat Pre-University, Mau?

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 04 Okt 2022 15:00 WIB
Bendera Merah Putih Raksasa di Gedung Rektorat UI
Ui Buka Program Pre-University. (Foto: dok. Universitas Indonesia)
Jakarta -

Universitas Indonesia (UI) membuka program Pre-University (Pre-U) siswa-siswi SMA/SMK dan peserta umum jenjang S1/S2 yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Dalam program ini, peserta dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus secara online melalui Center for Independent Learning (CIL) UI. Program Pre-U ini bertujuan agar peserta memahami program studi (prodi) yang akan dipilih kelak saat kuliah di UI melalui Mata Kuliah (MK) Pre-U yang diambilnya.


Program Pre-U digagas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, CIL UI, dan Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) UI, dan diluncurkan pada Agustus lalu.

"Sejak program Pre-U dibuka, respon calon peserta sangat antusias dengan adanya program Pre-U ini. Total sekitar 800 peserta yang saat ini sedang mengikuti program tersebut," ujar Direktur CIL UI, F. Astha Ekadiyanto, S.T., M.Sc. dalam keterangan resminya, Selasa (4/10/2022).

Pendaftaran dibuka tergantung dari mata kuliah yang ditawarkan dan wajib memenuhi 16 pekan atau 14 topik.

Sistem Pre-University UI

Selama berkuliah, peserta akan belajar dan mengumpulkan mikro-kredensial. Nantinya, keberhasilan peserta dalam mengumpulkan mikro-kredensial dapat menjadi pertimbangan dalam seleksi masuk sebagai mahasiswa UI dari jenjang S1 atau S2 sesuai skema credit-earning yang ditetapkan oleh prodi.

Credit earning adalah SKS yang menjadi tabungan peserta program Pre-U. Sehingga saat peserta diterima berkuliah di UI, tidak perlu mengambil MK yang sudah ditawarkan di Pre-U.

"Misalnya, peserta mengambil MK Pre-U Penulisan Ilmiah dari Fakultas Psikologi (F. Psi) dengan bobot SKS 3," ujar Astha.

Ia menambahkan, apabila peserta tersebut lulus Pre-U dan diterima berkuliah di F. Psi UI melalui jalur yang tersedia baik seleksi nasional maupun seleksi mandiri, dan sudah mengambil MK Pre-U Penulisan Ilmiah dan lulus, maka ia tidak perlu mengambil MK penulisan ilmiah lagi saat menjadi mahasiswa F. Psi UI. Hal ini juga berlaku untuk mata kuliah Pre-U lainnya yang telah ditabung.

"Mata kuliah Pre-U yang ditawarkan melalui CIL UI akan terus bertambah, sehingga total SKS yang ditabung mencapai hingga 50% dari total SKS yang yang menjadi syarat kelulusan program studinya," kata Astha.

Cara Mendaftar Pre-University UI

1. Pendaftar mengunjungi website CIL untuk melihat informasi terkait pendaftaran Pre- U melalui laman https://cil.ui.ac.id/

2. Pada website CIL, pendaftar bisa mendapatkan informasi berupa daftar mata kuliah yang tersedia sebagai mata kuliah Pre-U (Mata Kuliah Pre-U diawali dengan kata Pre-U sebelum judul mata kuliah) https://cil.ui.ac.id/marketplace/

3. Pendaftar mengunduh dan mengisi berkas kesanggupan mengikuti program Pre-U yang terdapat di tajuk/headline website CIL

4. Pendaftar mendaftar di website ILISt dengan cara klik tombol daftar di sebelah tombol "Download surat penyelenggaraan Pre-U"

5. Lakukan pembuatan akun ILISt dengan 'Daftar Sebagai Mahasiswa Non-UI' pada website CIL https://cil.ui.ac.id/marketplace/login

6. Pendaftar mengisi data diri berupa nama, alamat email, password, nama Universitas/PT (untuk nama universitas/PT mohon untuk memilih _Umum_(Non-Mahasiswa)) dan klik buat akun

7. Setelah membuat akun, pendaftar bisa langsung melakukan login dengan akun yang telah dibuat

8. Untuk melakukan pendaftaran program Pre-U, pendaftar perlu mengisikan info profil terlebih dahulu dengan tujuan untuk mendaftar sebagai peserta dari program Pre-U


9. Setelah pendaftar mengisikan info profil, klik program MBKM UI yang terdapat pada sebelah kiri, kemudian klik pada menu bagian 'Pertukaran Mahasiswa' untuk melakukan pendaftaran Mata Kuliah Pre-U.

Nah, itulah penjelasan mengenai program Pre-University UI. Informasi selengkapnya mengenai program Pre-U dapat diakses dalam situs cil.ui.ac.id dan Instagram cil @ui.cil. Tertarik mendaftar, detikers?



Simak Video "Terbitkan Ijazah Tanpa Kuliah, Akreditasi Perguruan Tinggi di Surabaya Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia