8 Universitas yang Alumnusnya Mudah Cari Kerja Versi QS GER 2022, UI-ITB Termasuk?

8 Universitas yang Alumnusnya Mudah Cari Kerja Versi QS GER 2022, UI-ITB Termasuk?

Nikita Rosa - detikEdu
Sabtu, 01 Okt 2022 16:00 WIB
Sejumlah mahasiswa UI dari unsur BEM dan lainnya menggelar piknik di depan gedung rektorat. Massa menuntut pencabutan Statuta UI.
Universitas Indonesia (UI), PTN yang masuk daftar kampus yang alumnusnya mudah dapat kerja versi QS GER 2022. (A. Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Mendapatkan pekerjaan segera setelah lulus bisa jadi harapan setiap fresh graduate. Tidak jarang, ada universitas tertentu yang lulusannya cepat mendapat pekerjaan.

Lembaga pemeringkatan universitas terbaik Quacquarelli Symonds (QS) merilis sejumlah kampus yang lulusannya cepat dapat kerja. Dalam skema pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings (GER) 2022, QS merunut daftar perguruan tinggi dengan alumnus yang paling dicari dalam dunia kerja dengan kelengkapan hard skill, soft skill, kualitas pengetahuan, dan pengalamannya.

Pemeringkatan QS GER 2022 ini menggunakan indikator Partnerships with Employers per Faculty (25%), Graduate Employment Rate (10%), Employer/Student Connections (10%), Alumni Outcomes (25%), dan Employer Reputation (30%).

Melansir dari laman resminya, berikut daftar universitas dengan lulusan yang paling cepat mendapat pekerjaan.

8 Universitas dengan Lulusan yang Mudah Mendapat Pekerjaan

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip memiliki 11 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, dan 1 sekolah vokasi, antara lain Fakultas Hukum, Teknik, Ekonomika dan Bisnis, Peternakan dan Pertanian, Psikologi, hingga Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas di Semarang ini menempati peringkat 251-300 dunia di QS GER 2022.

2. Universitas Indonesia (UI)

UI menempati peringkat 251-300 dunia dalam daftar QS GER 2022. Kampus ini memiliki program sarjana, pascasarjana, dan internasional. Beberapa prodi UI yang dibuka antara lain Akuntansi, Arkeologi, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Ekonomi Islam, Ilmu Perpustakaan, Kriminologi, Kedokteran, Sastra Belanda, Sastra Jerman, Teknik Industri, hingga Arsitektur.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga menempati peringkat 301-500 dunia di QS GER 2022. Sejumlah fakultas yang dibuka di universitas Kota Pahlawan ini antara lain Fakultas Kedokteran Gigi, Kedokteran, Farmasi, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan, dan sebagainya.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menempati peringkat 301-500 dunia dalam daftar QS GER 2022. Setelah melalui Tahap Persiapan Bersama (TPB), mahasiswa ITB dapat memilih prodi sesuai minatnya seperti Teknik Mesin, Teknik Industri, Meteorologi, Astronomi, Aktuaria, Teknik Geologi, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Teknik Lingkungan, Manajemen, Rekayasa Kehutanan, hingga Teknik Elektro.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM peringkat 301-500 dunia di QS GER 2022. Beberapa fakultas di UGM antara lain Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Kehutanan, MIPA, Pertanian, Teknik, Teknologi Pertanian, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Biologi, Farmasi, Geografi, Filsafat, dan lain sebagainya.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS menempati peringkat 301-500 dunia versi QS GER 2022. Kampus yang terkenal dengan terobosan bidang teknologinya ini memiliki sejumlah prodi antara lain Statistika, Aktuaria, Teknik Kimia, Teknik Sistem dan Industri, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Transportasi Laut, Teknik Lepas Pantai, Teknik Biomedik, Desain Produk, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Studi Pembangunan, dan lainnya.

7. Universitas Bina Nusantara (Binus University)

Tak kalah dengan perguruan tinggi negeri, Binus juga masuk dalam pemeringkatan QS GER 2022. Binus University menempati peringkat 500+ dunia di QS GER 2022.

Sejumlah prodi yang dibuka di Binus University antara lain Manajemen Bisnis, Global Business Marketing, Business Creation, Teknik Sipil, Computer Science-Software Engineering, Creativepreneurship, Data Science, Sistem Informasi, Arsitektur, Business Analytics, Film, Keuangan, Hukum, Sastra Jepang, Interactive Digital Media (internasional), Desain Interior, dan sebagainya.

8. Universitas Brawijaya (UB)

Terakhir adalah Universitas Brawijaya Malang, UB menempati peringkat 500+ dunia versi QS GER 2022. Beberapa universitas di UB yang bisa detikers pilih antara lain Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Peternakan, Teknik, Perikanan dan Ilmu Kelautan, MIPA, Teknologi Pertanian, Ilmu Komputer, Kedokteran, hingga Kedokteran Gigi.

Itulah daftar universitas dengan lulusan yang cepat dapat kerja versi QS GER 2022. Ada kampusmu, detikers?



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia