Lulusan Lembaga Kursus Bisa Lanjutkan Kuliah di 4 PTN Ini

Nikita Rosa - detikEdu
Jumat, 23 Sep 2022 11:30 WIB
Penandatanganan Kerja sama Perguruan Tinggi dan LKP
Penandatanganan kerja sama perguruan tinggi dan LKP. (Foto: Ditjen Vokasi)
Jakarta -

Kemendikbudristek melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi meluncurkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi lulusan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

Lewat penandatanganan kesepakatan kerja sama, lulusan dari 54 LKP di Indonesia bisa melanjutkan pendidikan tinggi ke 4 perguruan tinggi, yakni Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Terbuka, dan Universitas Negeri Jakarta.

Dirjen Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati mengatakan peserta LKP yang mengikuti program RPL akan dihitung angka kreditnya ketika melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebagai contoh, peserta kursus yang telah menjalani 1-2 tahun di LKP bisa diakui hingga 24 SKS, atau masuk di perguruan tinggi langsung di semester ketiga.

"Pendidikan kursus perlu mendapat dukungan dan terus dikembangkan agar perannya semakin kuat, dan salah satunya dengan terus memperkokoh kerja sama dengan pihak-pihak eksternal untuk mengembangkan program-programnya sehingga kursus sebagai bagian dari pendidikan vokasi benar-benar membawa perubahan pada masyarakat," ujar Kiki dalam keterangan resminya dikutip, Jumat (23/9/2022).

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Kursus dan Pelatihan, Wartanto menyampaikan program RPL berangkat dari keprihatinan terhadap sertifikat peserta kursus yang masih dipandang sebelah mata. Padahal pihaknya meyakini, LKP telah melengkapi peserta kursus dengan keahlian spesifik dan mendalam.

"Contohnya, kursus otomotif tidak belajar A sampai Z. Rata-rata hal kecil, misalnya cuma belajar kaki-kaki, cuma soal kaca mobil, atau jok. Tapi yang kecil itu dipelajari sampai dalam dan praktik. Makanya banyak yang akhirnya buka usaha servis kaki-kaki mobil. Dengan adanya RPL ini, membuka pintu masuk dunia akademik dan vokasi, dengan memanfaatkan sertifikat yang sudah diakui," ucap Wartanto.

Nurhadi Bahri yang merupakan perwakilan dari LKP Libmi Jombang, mengungkapkan rasa syukurnya atas terjalinnya kerja sama ini.

"Kami sudah merasa aman. Anak-anak RPL ini nantinya bisa mempunyai nomor induk mahasiswa. Aturan yang ditetapkan membuat kami tidak ragu untuk mengimplementasikan RPL," syukurnya.



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia