UI Jadi Pelaksana Program Wirausaha Merdeka, Mahasiswa Bisa Daftar!

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 16 Sep 2022 20:00 WIB
Wirausaha Merdeka 2022
Foto: Tangkapan Layar Web Wirausaha Merdeka
Jakarta -

Mahasiswa yang punya jiwa entrepreneur bisa mengikuti program Wirausaha Merdeka (WM). Program besutan Kemendikbudristek ini dilaksanakan oleh 16 perguruan tinggi di Indonesia. Termasuk salah satunya adalah Universitas Indonesia (UI).

Program WM ini merupakan salah satu flagship baru Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Seluruh mahasiswa bisa mengasah ilmu entrepreneur melalui program ini.

Program WM ditujukan bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki minat pada dunia wirausaha. Tujuan dari program ini untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman berwirausaha sejak di bangku kuliah.

Istimewanya, selama mengikuti program WM ini para mahasiswa bisa mencari pengalaman di luar kelas perkuliahan. Kegiatan ini juga diakui sebagai bagian dari SKS dengan maksimal 20 SKS melalui skema MBKM.

Mahasiswa yang mengikuti WM ini diharapkan bisa menumbuhkembangkan pola pikir dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan. Karena belajar langsung di lapangan, mahasiswa akan dilatih untuk mendapatkan berbagai pengalaman dalam bidang kewirausahaan, peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa, dan peningkatan kapasitas dan kualitas lulusan perguruan tinggi, serta menekan jumlah pengangguran terdidik.

UI terpilih sebagai salah satu pelaksana

Dilansir dari laman resminya, UI terpilih menjadi salah satu perguruan tinggi yang menjadi pelaksana program WM. Program WM yang diinisiasi oleh UI berjudul Wira-Cipta Universitas Indonesia.

Sebanyak 189 orang peserta dari 53 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang berasal dari 48 Program Studi, yaitu 5 Program Diploma, 39 Program Sarjana, dan 3 Program Magister, terlibat di dalam program ini. Mereka berasal dari Jabodetabek dengan jumlah 102 orang dan non-Jabodetabek berjumlah 88 orang.

Untuk mahasiswa dari luar Jabodetabek ini berasal dari 58 Kota di Indonesia. Sejumlah 41 kota di Jawa-Bali, 12 kota di Sumatera, 1 kota di Kalimantan, dan 1 kota di Maluku.

Untuk kurikulum dan materi program merupakan formulasi gabungan dari kuliah kewirausahaan dari berbagai prodi di Universitas Indonesia. Nantinya akan ada 19 dosen pendamping lapangan (DPL), 19 mentor industri, 5 narasumber, dan 3 guest lecture turut mendukung kegiatan ini.

Para mahasiswa akan dibekali pengetahuan, pengalaman, skill, pendampingan dan bimbingan dalam dunia wirausaha.

Jadwal pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka

Kegiatan WM di UI ini digelar dengan dua teknik yakni melalui sistem daring dan luring. Adapun jadwal yang telah ditetapkan yakni mulai Agustus sampai akhir November 2022.

Pada puncak acara yang diberi sebutan "Demo Day" akan dilaksanakan secara luring di akhir November 2022. Pada acara Demo Day, seluruh peserta akan melakukan pameran hasil karya inovasi dan rencana bisnis dari kelompoknya.

Semua memiliki peluang dan kesempatan untuk mempresentasikan rencana bisnis ini di depan juri dan juga investor. Bagi pemilik rencana bisnis yang menarik, bukan tidak mungkin akan langsung dilirik investor.

Syarat mengikuti program Wirausaha Merdeka

Program Wirausaha Merdeka ini terbuka bagi siapapun di kalangan mahasiswa. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar sebagai peserta program ini.

Syarat peserta program WM:

1. Mahasiswa aktif dengan syarat jenjang pendidikan
- S1 minimal semester 5
- D2, D3, dan D4 minimal semester 3
- S2 dan S3 - tanpa batasan semester (tanpa konversi SKS).

2. Tidak sedang menyusun skripsi atau tugas akhir saat mengikuti program.

3. Tidak sedang mengikuti program MBKM yang lain.

4. Memperoleh surat rekomendasi dari Ketua Prodi.

5. Bersedia mengikuti program penuh waktu (satu semester)

6. Melengkapi dokumen tambahan:

- Data diri
- Motivation letter
- Rencana ide berwirausaha
- Sudah vaksinasi COVID-19 lengkap

Untuk pendaftaran bisa diakses secara online melalui laman wirausahamerdeka.id.

UI membuka kesempatan bagi 750 peserta dengan rincian 450 mahasiswa UI dan 300 peserta non-UI.



Simak Video "Jokowi: IKN Bukan Hanya untuk ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia