408 Mahasiswa Vokasi Berangkat ke Luar Negeri, Kuliah di Korea Selatan-Inggris

408 Mahasiswa Vokasi Berangkat ke Luar Negeri, Kuliah di Korea Selatan-Inggris

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 01 Sep 2022 08:30 WIB
408 mahasiswa vokasi akan berangkat kuliah ke 11 negara
Foto: Doc. Kemdikbud/IISMAVO
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberangkatkan ratusan mahasiswa ke luar negeri melalui program Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi (IISMAVO) 2022.

IISMAVO adalah program yang diperuntukan bagi mahasiswa vokasi sebagai bentuk terobosan Kemendikbudristek untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing global dengan dukungan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Tujuan IISMAVO 2022

Ketua Program IISMAVO, Hilda Cahyani, mengatakan program IISMA khusus mahasiswa vokasi ini pertama kali dilakukan tahun 2022. Tujuannya adalah untuk mendekatkan pendidikan vokasi Indonesia dengan industri internasional.

Dengan mengusung jargon "Learning in Collaboration with Industry", program ini mempersiapkan mahasiswa pendidikan vokasi menghadapi tuntutan dunia industri yang kian mengglobal.

"Dunia Industri akan kian mengglobal, dan anak didik kita diharapkan memiliki kemampuan berinteraksi internasional yang menjadi salah satu keterampilan utama," ucap Hilda dikutip dari laman resmi Kemdikbud RI.

Diikuti 1.137 Pendaftar

Di tahun pertama penyelenggaraannya, program IISMAVO telah menarik ribuan mahasiswa pendidikan vokasi di seluruh Indonesia.

Hal ini terbukti dengan adanya 1.137 mahasiswa dari 89 PTPPV di 22 provinsi yang merampungkan pendaftaran untuk IISMAVO angkatan pertama.

Setelah melalui serangkaian proses seleksi, terpilih 408 mahasiswa yang lolos untuk mengikuti program.

Dikirim ke 11 Negara

IISMAVO akan memberangkatkan 408 mahasiswa dari Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) seluruh Indonesia untuk menjalani studi sekaligus kegiatan magang selama satu semester di 11 negara.

Hilda mengatakan pada tahap awal akan melepas keberangkatan 72 peserta ke Australia, Korea Selatan, Taiwan (provinsi Cina), dan Prancis.

Pada tahap berikutnya, IISMAVO akan memberangkatkan peserta ke Inggris, Irlandia, Hungaria, Turki, Jerman, dan Malaysia pada bulan September dan Oktober 2022 mendatang.

"Mahasiswa ini akan mengikuti program mobilitas sambil magang di 40 perguruan tinggi serta 184 industri di luar negeri," terangnya.

Pada acara pelepasan ini, Hilda menyampaikan pesan kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai momentum untuk memperkuat jejaring internasional dan mempelajari berbagai budaya asing.

Ia juga berpesan agar mahasiswa senantiasa menjaga diri serta menjaga nama baik perguruan tinggi, pendidikan vokasi, dan bangsa Indonesia.

"Mahasiswa yang diberangkatkan ini adalah duta bangsa, maka penting agar selalu menjunjung tinggi segala tutur kata, tingkah laku, dan sopan santun dengan baik," pesannya.

Sebelumnya, dalam peluncuran program pada April 2022 lalu, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, menekankan bahwa internasionalisasi pendidikan di zaman ini merupakan sebuah keharusan.

"Jika kita ingin berperan dan mendapat manfaat dari globalisasi. Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa pendidikan vokasi yang kelak akan bekerja di industri-industri terkemuka dunia, baik yang berlokasi di Indonesia maupun di mancanegara," tutur Nadiem.



Simak Video "Motif Pembunuhan Mahasiswa Unpad: Sakit Hati Foto Aib Akan Disebar"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia