Jadi Tujuan Favorit IISMA, Puluhan Mahasiswa Indonesia Berangkat ke Korsel

Jadi Tujuan Favorit IISMA, Puluhan Mahasiswa Indonesia Berangkat ke Korsel

Devi Setya - detikEdu
Selasa, 23 Agu 2022 20:00 WIB
IISMA 2022
Mahasiswa Indonesia yang siap berangkat ke Korea Selatan Foto: Humas Kemdikbud
Jakarta -

Korea Selatan (Korsel) memiliki daya tarik tersendiri dalam berbagai hal. Tak hanya soal wisata dan budayanya saja, pendidikan di Korsel juga berhasil menarik perhatian banyak mahasiswa asal Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Dikti Kemdikbud, Korsel menjadi salah satu negara paling favorit yang dipilih mahasiswa Indonesia untuk menimba ilmu. Dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dapat dilihat jumlah mahasiswa yang antusias memilih Korsel sebagai negara tujuan.

Tentang IISMA

IISMA merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

IISMA adalah salah satu program unggulan dari 12 program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) hasil kerja sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengambil mata kuliah hingga 20 SKS di perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Program ini memungkinkan mahasiswa program sarjana semester empat sampai enam di perguruan tinggi di lingkungan Ditjen Dikti Kemendikbudristek yang memenuhi syarat untuk mengambil tiga hingga empat mata kuliah di luar program studi mereka di 10 universitas teratas di negara tuan rumah atau perguruan tinggi mitra di luar negeri.

50 mahasiswa berangkat ke Korsel

Pada program IISMA 2022 ini, sebanyak 50 mahasiswa Indonesia diberangkatkan ke Korsel, Kamis (18/8). Para mahasiswa ini akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Korea University.

Dari total 50 awardee yang berasal dari 22 perguruan tinggi di Indonesia, 45 di antaranya melakukan penerbangan pada 18 Agustus 2022 dan tiba di Korea pada 19 Agustus 2022. Sementara itu, lima awardee lainnya belum dapat berangkat bersama rombongan dikarenakan terpapar Covid-19.

Rachmat Sriwijaya selaku Ketua program IISMA dalam sambutannya berpesan kepada para awardee untuk selalu kompak dan saling mendukung satu sama lain. Apalagi semua berangkat dengan tujuan yang sama yakni mencari ilmu.

"Anda harus selalu kompak dan saling mendukung. Walaupun berasal dari latar belakang yang berbeda, namun sekarang kalian sudah menjadi keluarga besar IISMA di Korea University, dan besok akan menjadi keluarga besar IISMA Alumni Club," ujar Rachmat Sriwijaya.

Lebih lanjut, Rachmat juga mengatakan para mahasiswa yang terpilih ini sebaiknya memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Termasuk mereka juga diharapkan bisa menjadi duta promosi Indonesia selama berada di Korsel.

Dengan ilmu dan pengalaman yang bisa didapatkan selama kuliah di Korsel, diharapkan para awardee ini nantinya dapat berkontribusi bagi Tanah Air ketika sudah kembali.

Korea University termasuk jajaran perguruan tinggi ternama di dunia. Korea University berada pada posisi top 100 QS World University Ranking jadi kampus ini bisa menjadi wadah untuk mendapatkan ilmu, pengalaman serta jalinan networking sebanyak-banyaknya.

Harapan banyak orang pada Awardee IISMA

Dengan diberangkatkannya para mahasiswa ke Korea Selatan ini menjadi harapan banyak pihak. Termasuk salah satunya orang tua salah satu mahasiswa Indonesia.

Adalah Aser Rihi Tugu, perwakilan orang tua mahasiswa awardee IISMA 2022 yang berharap agar anaknya dan para mahasiswa lain bisa membuat bangga nama kampus asal sekaligus mengharumkan nama Indonesia.

"Kalian adalah bagian dari program terbaik. Tunjukkan pada kampus tujuan dan masyarakat Korea bahwa kalian adalah mahasiswa pilihan melalui perilaku jujur, tertib, disiplin, dan perilaku baik dalam relasi dengan orang-orang yang kalian temui. Buatlah orang tua dan bangsa Indonesia bangga," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Andi Rahardiyan Wijaya selaku Wakil Ketua Program IISMA yang menekankan agar para awardee dapat saling mendukung dan melaksanakan program dengan penuh tanggung jawab.

"Selain berangkat bersama pulang bersama, berangkat sehat fisik dan mental, pulang sehat fisik dan mental. Kalian adalah investasi negara. Kalian diharapkan kembali ke Indonesia dengan membawa perubahan mindset. Hal-hal yang baik dibawa dan ditularkan," kata Andi.



Simak Video "Viral Wartawan Yonhap Terjebak Banjir di Seoul"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia