10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia versi QS 2023, Cocok buat Kuliah Nih

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 20 Jul 2022 11:30 WIB
Big Ben and Westminster Bridge at sunset, London, UK
London, kota pelajar terbaik di dunia versi QS 2023 dalam empat periode penilaian berturut-turut. Foto: iStock
Jakarta -

Lembaga analis instansi pendidikan tinggi dunia, Quacquarelli Symonds (QS), kembali merilis daftar kota pelajar terbaik di dunia melalui skema QS Best Student Cities 2023. London lagi-lagi menempati posisi teratas selama empat periode penilaian berturut-turut.

Ibukota Inggris tersebut menjadi favorit mahasiswa selama bertahun-tahun karena menjadi lokasi berdirinya kampus paling bergengsi di dunia. Termasuk King's College London dan UCL (University College London).

Indikator Penilaian

Melansir laman Top Universities, Rabu (20/7/2022), dalam menentukan kota pelajar terbaik di dunia ini, QS menggunakan sejumlah indikator penilaian yang terbagi ke dalam enam kategori utama.

Kali ini, QS menggunakan pendapat mahasiswa untuk menilai lokasi universitas berdasarkan faktor-faktor yang telah mereka tentukan, termasuk keterjangkauan dan keinginan untuk belajar dan tinggal di sana. Berikut selengkapnya.

1. University Rankings

Pada kategori ini, penilaian berdasarkan banyak universitas yang dimiliki oleh kota tersebut yang masuk ke dalam pemeringkatan QS World University Rankings. Kemudian, penilaian juga dilihat dari seberapa baik universitas-universitas itu tampil di peringkat terbaru.

2. Student Mix

Selanjutnya, pada kategori student mix, penilaian dilihat dari populasi mahasiswa di kota tersebut. Tidak hanya mahasiswa dalam negeri, namun juga mahasiswa luar yang mengikuti program internasional disana. Lalu, kategori ini juga dinilai dari seberapa inklusif kota dan negara tempat kota itu berada.

3. Desirability

Yang menjadi acuan pada kategori desirability yaitu seberapa aman kota tersebut dan bagaimana tingkat polusi di kota itu. Jumlah responden survei terkait siswa yang ingin belajar di kota itu juga menjadi acuan penilaian.

4. Employer Activity

Kemudian pada kategori employer activity, berarti diukur dari seperti apa lapangan kerja bagi kaum muda di kota tersebut. Lalu, pendapat pengusaha terkait lulusan yang dihasilkan oleh universitas itu juga menjadi pertimbangan.

5. Affordability

Pada kategori affordability, penilaian diukur dari biaya kuliah dan biaya hidup siswa di kota tersebut.

6. Student Voice

Kategori student voice didasarkan pada pendapat mahasiswa mengenai keramahan kota, keberlanjutan, keragaman, dan lain-lainnya. Selain itu proporsi mereka yang tinggal di kota setelah lulus juga jadi penilaian dalam kategori ini.

10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2023

Menurut informasi yang dipaparkan QS dalam situsnya, kota yang masuk ke dalam pemeringkatan ini merupakan kota yang dihuni minimal 250 ribu jiwa dan memiliki dua universitas terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS World University terbaru.

Berikut sepuluh kota pelajar terbaik di dunia versi QS Best Student Cities 2023:

1. London, United Kingdom

Total skor: 100

2. Munich, Jerman

Total skor: 95.1

3. Seoul, Korea Selatan

Total skor: 95.1

4. Zurich, Swiss

Total skor: 95

5. Melbourne, Australia

Total skor: 93.3

6. Berlin, Jerman

Total skor: 93.2

7. Tokyo, Jepang

Total skor: 92.9

8. Paris, Prancis

Total skor: 92.4

9. Sidney, Australia

Total skor: 91.6

10. Edinburgh, United Kingdom

Total skor: 90.6

Dari sepuluh kota pelajar terbaik di dunia di atas, kira-kira detikers tertarik kuliah di mana?



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia