10 Negara Terbaik untuk Melanjutkan Studi, Didominasi Eropa

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 25 Jan 2022 15:30 WIB
Graduation hat with degree paper on a stack of book against blurred background
Foto: Getty Images/iStockphoto/leolintang
Jakarta -

Tak sedikit pelajar SMA atau mahasiswa S1 yang mendambakan dapat melanjutkan studi di luar negeri. Nah, hasil survei yang dilakukan oleh Educations.com tentang negara terbaik tujuan menuntut ilmu dapat dijadikan bahan pertimbangan.

Survei ini merupakan survei terbaru tahun 2022, memiliki 10 ribu responden dari 181 negara yang ingin mengambil studi di luar negeri.

Ada 7 faktor penilaian yang diambil yaitu pengajaran yang lebih berkualitas, karier yang lebih baik, mengembangkan diri, mengetahui budaya baru, mendapatkan teman baru, mempelajari bahasa baru, dan memulai petualangan di negara baru.

Kira-kira negara mana saja nih detikers yang cocok untuk melanjutkan studi di luar negeri? Ini penjelasannya:

Negara Terbaik untuk Studi di Luar Negeri

1. Australia

Australia menjadi negara nomor satu yang paling banyak dipilih untuk melanjutkan studi. Australia memiliki sembilan wilayah khas dan dua puluh situs Warisan Dunia UNESCO seperti Great Barrier Reef, Tasmania Wilderness, dan Taman Nasional Uluṟu-Kata Tjuṯa, ada banyak hal yang bisa dijelajahi.

Tidak hanya itu, Australia juga menawarkan begitu banyak tempat yang bagus seperti perkotaan, sungai, dan kafe-kafe unik. Tak heran mengapa Australia menjadi negara terbaik untuk melanjutkan studi.

Australia tercatat sebagai salah satu negara tujuan utama para pelajar Indonesia melanjutkan studi di berbagai jenjang. Data dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), jumlah mahasiswa Indonesia di Australia yang tercatat per tanggal 28 Juni 2021 yakni sebanyak 12.645 mahasiswa.

2. Kanada

Kanada merupakan negara bilingual yang menggunakan bahasa Perancis dan Inggris. Sejumlah perguruan tinggi di negara ini masuk dalam daftar 100 besar universitas terbaik dunia 2022 versi Times Higher Education seperti misalnya University of Toronto, University of British Columbia, McGill University, McMaster University, dan University of Montreal.

3. Jerman

Jerman memiliki banyak tempat-tempat dan bangunan kuno serta bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Jika detikers memutuskan untuk belajar di Jerman, pasti tidak akan menyesal karena banyak pengalaman menarik di sini.

Dua kota utama negara ini Munich dan Berlin merupakan pusat dari universitas ternama dunia. Daftar universitas terbaik dunia 2022 versi Times Higher Education memasukkan sejumlah perguruan tinggi dari kedua kota itu dalam peringkat 100 besar.

Universitas tersebut yakni Ludwig-Maximilians-Universität Munich, Technical University of Munich, Heidelberg University, Charité - Universitätsmedizin Berlin, Humboldt University of Berlin, University of Tübingen, dan Free University of Berlin.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara paling multikultural di dunia. Hal ini juga terlihat dari segi pendidikannya banyak perpaduan budaya di tiap universitas di Amerika dengan berbagai latar belakang.

Amerika juga memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi seperti gunung, restoran, pantai, dan lain sebagainya.

5. Swiss

Nah jika detikers mencari negara dengan keindahan alami, Swiss jawabannya. Swiss terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan sehingga sulit dipercaya bahwa semuanya nyata.

Di Swiss juga menggunakan bahasa campuran seperti Swiss-Perancis, Swiss-Italia, Swiss-Jerman, dan Rumania. Siapa nih yang tertarik berkunjung ke Swiss?

6. Inggris

Inggris dikenal sebagai negara yang memiliki banyak universitas terbaik di dunia. Itulah mengapa Inggris memiliki kualitas pengajaran yang baik.

Selain itu Inggris juga menyimpan sejarah-sejarah yang menarik untuk diulik. Mahasiswa internasional dijamin akan memiliki pengalaman yang menyenangkan untuk bersekolah di Inggris.

7. Belanda

Belajar di Belanda adalah sebuah keputusan yang baik. Hal ini dikarenakan Belanda memiliki beberapa penutur bahasa Inggris paling banyak di dunia.

Walaupun sebagian besar penduduknya berbahasa Belanda tetapi banyak program universitas yang menggunakan bahasa Inggris. Selain itu Belanda merupakan negara yang ramah lingkungan. Banyak warga yang suka bersepeda, pemandangan kanal, serta ada kebun bunga tulip.

8. Prancis

Negara yang cocok untuk studi di luar negeri selanjutnya adalah Prancis. Prancis memiliki banyak tempat bersejarah utamanya mengenai pakaian. Selain itu Prancis juga memiliki desa-desa yang menyerupai dongeng.

Nah cocok nih untuk kalian yang ingin belajar lebih lanjut mengenai fashion.

9. Selandia Baru

Selandia Baru termasuk negara paling bahagia di dunia. Negara ini juga merupakan negara multikultural baik dari segi bahasa hingga makanannya.
Pemandangan di Selandia Baru juga sangat memanjakan mata baik gunung, hutan, hingga pantainya.

Beberapa perguruan tinggi di negara ini yang masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik dunia versi Quacquarelli Symonds yakni The University of Auckland, University of Otago, Victoria University of Wellington.

10. Spanyol

Spanyol memiliki banyak tempat yang menyenangkan untuk dijelajahi. Mulai dari pasar tradisional hingga bangunan kunonya.

Di Spanyol juga ada universitas tertua yang ditemukan pada tahun 1218 dengan beragam budaya di dalamnya. Belajar di Spanyol bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan nih!

Demikianlah daftar 10 negara terbaik untuk melanjutkan studi di luar negeri. Negara mana yang menjadi incaran kalian detikers?



Simak Video "Belanja Negara RI 2023 Rp 2.979 T, Pendapatan Rp 2.382 T"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia