Tingkatkan Kualitas Dosen, Unikama Gelar Pelatihan PAK & JAD

Ahlu Dzikri Al Hamid - detikEdu
Rabu, 13 Jul 2022 16:48 WIB
Pelatihan Dosen Unikama
Foto: Unikama
Jakarta -

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar pelatihan untuk dosen tentang Kebijakan Penilaian Angka (PAK) Kredit Dosen dan Strategi Percepatan Kenaikan Jabatan Akademik Dosen (JAD). Kegiatan ini adalah salah satu upaya Unikama meningkatkan sumber daya dosen di Unikama.

Rektor Unikama Pieter Sahertian dalam sambutannya menyampaikan kementerian telah mempermudah proses administratif pelaporan di bidang penelitian dan lebih berorientasi pada luaran. Ia juga berharap bahwa harus ada proses demokratisasi agar membuat dosen dan tenaga pendidik nyaman bekerja.

"Karena itu pagi ini kita mengundang atau menghadirkan Direktur Sumber Daya Ditjen Ristekdikti untuk memberikan gambaran ke depannya supaya para dosen ini lebih merdeka, lebih bebas, tapi tentunya masih dalam koridor atau aturan yang berlaku," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (13/7/2022).

Ia menjelaskan human capital yang ada pada perguruan tinggi, di mana atribusinya adalah kemampuan akademik, pendidikan dan kesehatan, harus menjadi modal perguruan tinggi. Karena perguruan tinggi saat ini sudah menjadi industri jasa.

"Human capital yang bernama dosen itu harus memberikan kontribusi yang penting. Karena itu menjadi tugas kita bersama bagaimana kita berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitas kita sebagai dosen," imbuhnya.

Sementara itu, Effendi menyampaikan bahwa karier dosen harus dibungkus dengan transformasi sumber daya manusia. Salah satunya dengan digitalisasi, sehingga transformasi tersebut mensinkronkan dan mengintegrasikan seluruh kebijakan dosen dalam satu aturan yang lebih fleksibel.

"Setiap dosen dapat melacak sendiri sampai mana prosesnya dan bisa mengawal apakah prosesnya lambat atau cepat," terangnya.

Sebagai informasi, dengan adanya sistem berbasis digital, yakni Selancar PAK tersebut dapat mempermudah dan mempercepat proses PAK itu sendiri. Selanjutnya, pria kelahiran Cirebon tersebut menjelaskan lebih lanjut tentang Penilaian Angka Kredit Dosen dan Strategi Percepatan Kenaikan Jabatan Akademik Dosen (JAD).

Adapun pelatihan ini bertempat di Auditorium Multikultural pada Selasa (12/7), serta mengundang 170 dosen Unikama sebagai peserta dan juga dihadiri oleh perwakilan dosen dari beberapa perguruan tinggi PGRI di Jawa Timur. Selain itu, Unikama juga menghadirkan Direktur Sumber Daya Ditjen Ristekdikti Sofwan Effendi sebagai pemateri dan dosen Akuntansi Unikama Sulistyo sebagai moderator.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia