6 Jurusan Andalan FPIK Undip dan Prospek Kerjanya, Kamu Tertarik?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 03 Jul 2022 17:00 WIB
Undip buka PSSB atau Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi
Jurusan andalan FKIP Undip. Foto: Doc. undip.ac.id
Jakarta -

Universitas Diponegoro (Undip) memiliki Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yang bisa melahirkan lulusan terbaik di sektor perikanan dan kelautan. FPIK Undip memiliki enam jurusan andalan yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Jurusan kuliah di bidang perikanan dan kelautan akan menjadi peluang karier yang luas di masa depan. Hal ini karena Indonesia merupakan negara maritim yang menyimpan kekayaan alam besar dan sumber daya laut yang sangat besar.

Melansir laman resmi Undip, berikut ini daftar enam prodi andalan di FPIK Undip.


6 Jurusan Andalan di FPIK Undip:

Seluruh jurusan kuliah yang ada di FPIK di bawah ini merupakan prodi yang telah terakreditasi A.


1. Prodi S1 Ilmu Kelautan

Mahasiswa akan belajar tentang biodiversitas sumberdaya kelautan, eksplorasi dan bioprospeksi kelautan, bioteknologi kelautan, konservasi sumberdaya kelautan, mitigasi bencana dan pencemaran laut, dinamika laut dan instrumentasi kelautan.

Dengan menyandang gelar Sarjana Sains (S.Si.), lulusan prodi ini bisa bekerja sebagai peneliti kelautan, pendidik (penyuluh) kelautan, penyelamat (konservasi) kelautan dan perencana kelautan.

2. Prodi S1 Akuakultur

Di prodi ini mahasiswa akan mempelajari antara pembenihan dan pemuliaan ikan, nutrisi dan pakan ikan, teknologi pembesaran ikan, lingkungan akuakultur, manajemen dan kesehatan ikan, ilmu dasar akuakultur dan ilmu pendukung, serta pengembangan akuakultur dan soft skill.

Keilmuan tersebut tentunya berguna sekali untuk menjadi pelaku bisnis dan pengembang akuakultur, manajer, pendidik dan penyuluh, peneliti dan konsultan, serta penyelamat lingkungan. Lulusan prodi ini akan memiliki gelar Sarjana Perikanan atau S.Pi.

3. Prodi S1 Oseanografi

Mahasiswa prodi ini akan mempelajari dasar-dasar pengetahuan ilmu pengetahuan alam (Nature Sciences). Mulai dari oseanografi fisika, oseanografi kimia, oseanografi geologi, oseanografi perikanan, oseanografi perikanan, oseanografi biologi, hingga rekayasa oseanografi.

Prodi ini juga akan belajar mengenai pemodelan oseanografi, mitigasi bencana pesisir dan laut, penginderaan jauh dan pemetaan laut, sistem informasi geografis, meteorologi dan klimatologi laut, mitigasi bencana pesisir dan laut, matine radionuklide, serta teknologi eksplorasi sumber daya pesisir dan laut.

Nantinya setelah lulus, mahasiswa akan mendapat gelar Sarjana Sains atau S.Si.. Dengan keterampilan yang dimiliki, lulusannya bisa bekerja sebagai ilmuwan oseanografi (peneliti), pendidik, manager, dan entrepreneur.

4. Prodi S1 Teknologi Hasil Perikanan

Mahasiswa prodi ini akan mempelajari biokimia hasil perikanan, mikrobiologi hasil perikanan, teknologi penanganan, teknologi pengolahan, teknologi fermentasi, bioteknologi, hingga standarisasi dan penjaminan mutu, dan manajemen industri.

Prodi ini juga menciptakan profil lulusan yang berkualitas seperti manajer kendali mutu, manajer produksi pada industri pengolahan hasil perikanan, peneliti, penyuluh, administrator, guru, dosen, dan wirausahawan produk perikanan.

5. Prodi S1 Perikanan Tangkap

Lulusan prodi ini akan memiliki ilmu tentang sistem informasi perikanan tangkap, mesin kapal perikanan, teknologi penangkapan ikan, metode penangkapan ikan, hingga manajemen agribisnis perikanan tangkap.

Dengan ilmu yang dimiliki, lulusan prodi ini dapat bekerja di departemen/dinas perikanan dan kelautan, lembaga penelitian dan pengembangan, swasta, serta konsultan.

6. Prodi S1 Manajemen Sumberdaya Perairan

Mahasiswa akan dibekali konsep pengelolaan SD perairan (eksplorasi, eksploitasi, rehabilitasi, diversifikasi, dan analisis bioekonomi), karakteristik organisme, proses, dan fenomena yang terjadi (fisik, kimia, biologi), serta sumberdaya perairan serta pemberdayaan masyarakat pesisir, aplikasi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis.

Lulusan prodi ini bisa menjadi seorang manajer/pengelola sumberdaya perairan, peneliti, pemberdaya masyarakat, wiraswasta, instansi baik pemerintah maupun swasta (KKP, LIPI, Balai Perikanan, PEMDA, WWF, dan sebagainya), institusi pendidikan, perbankan, Lembaga-lembaga Pendidikan, dan konsultan.

Nah, itulah 6 jurusan andalan Undip di FKIP. Apakah ada prodi incaran detikers?



Simak Video "KKP Temukan Ribuan Kilogram Produk Ikan Impor Ilegal di Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia