Mengenal Ospek: Singkatan dan Jenis-jenisnya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Sabtu, 02 Jul 2022 20:00 WIB
Program Vokasi Humas UI, melangsungkan Masa Orientasi Mahasiswa (Ospek) di Kampung Digital Vokasi UI, Depok. Ospek dilakukan bersama warga sekitar.
Ospek vokasi UI. Foto: vokasi UI
Jakarta -

Ospek adalah istilah yang kerap didengar dan erat kaitannya dengan mahasiswa baru (maba). Rangkaian kegiatan ospek harus dilakukan maba dengan jadwal yang sudah disusun panitia.

Kegiatan ospek juga identik dengan berbagai acara khas yang akan menjadi kenangan mahasiswa. Berikut penjelasan lebih detail terkait ospek lengkap dengan jenis-jenisnya

A. Apa Itu Ospek?

Ospek adalah singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Ospek terdiri dari kegiatan perkenalan kampus dan dunia perkuliahan kepada maba. Ospek kurang lebih sama dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi siswa SMP dan SMA.

Selama ospek, maba akan beradaptasi dengan kehidupan dan kegiatan di kampus. Dunia pendidikan mahasiswa berbeda dengan SMA dan SMP dengan banyak ditemukannya hal baru. Berbeda saat masih SMA, maba kerap dianggap sudah dewasa.

Dikutip dari buku berjudul Hitam Putih Pendidikan oleh Mustafa Lutfi dan Abdul Halim, diperlukan kesiapan mental psikologis-sosial agar maba mudah menghadapi dunia kuliah. Sekaligus hak dan kewajiban yang menyertai sebagai orang dewasa.

Pelaksanaan kegiatan ospek bersifat edukatif dan harus sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 18 Tahun 2016 pasal 1-6.

B. Jenis-jenis Ospek

Ada beberapa rangkaian ospek yang biasa diikuti maba mulai dari kampus hingga universitas. Dikutip dari buku berjudul Pelangi 2021 oleh Boy Singgih Gitayuda dkk, berikut jenis-jenis ospek

1. Ospek Universitas

Ospek universitas punya ruang lingkup yang paling luas mencakup seluruh jurusan dan fakultas. Dalam ospek ini, maba diperkenalkan dengan pimpinan tertinggi universitas dan wakil-wakilnya. Maba tentunya akan bertemu dengan mahasiswa fakultas lain.

2. Ospek Fakultas

Ruang lingkup ospek fakultas lebih sempit dibanding universitas, tetapi lebih luas dibanding ospek jurusan. Pada ospek ini, mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan para pimpinan dan teman-teman kuliah di fakultas yang sama.

3. Ospek Jurusan

Ospek jurusan adalah masa pengenalan dengan ruang lingkup paling sempit. Saat ospek jurusan, maba akan berkenalan dengan pimpinan dan koordinator jurusan, serta entitas lainnya selama kuliah hingga lulus.



Simak Video "Jokowi Wanti-wanti Relevansi Program Studi Bisa Berubah Dalam 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia